Alhamdulillah, 3 Ruas Tol Sumatera Bisa Dilalui Buat Mudik

Reporter : Arie Dwi Budiawati
Jumat, 31 Maret 2017 17:40
Alhamdulillah, 3 Ruas Tol Sumatera Bisa Dilalui Buat Mudik
Tol mana saja?

Dream – Para pemudik ke wilayah barat Indonesia bisa sedikit lega. Kemungkinan tahun ini tiga ruas tol baru sudah bisa dilintasi kendaraan para pemudik. 

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Basuki Hadimuljono, Dilansir dari Merdeka.com, Jumat 31 Maret 2017,  mengungkapkan, progress pembangunan Tol Trans Sumatera telah mencapai 62 persen.

Sebagian ruas tol dijadwalkan sudah mulai bisa dioperasikan tahun ini. Tiga diantaranya bahkan sudah bisa dilalui pada Lebaran tahun ini, atau sekitar bulan Juni

Ketiga ruas tol itu adalah ruas Tol Medan-Binjai seksi 2 Helvetia-Semayang sepanjang 6,18 km dan seksi 3 Semayang-Binjai sepanjang 4,28 km, ruas Palembang-Indralaya seksi 1 Palembang Pamulutan 7,75 km dan ruas Bakauheni-Terbanggi Besar paket 2 segmen Lematang-Kotabaru 5,02 km.

Sementra ruas tol Trans Sumatera yang akan selesai pembangunannya tahun ini antara lain Palembang-Indralaya seksi 3 (KTM-Simpang Indralaya) sepanjang 9,28 km, Bakauheni-Terbanggi Besar sepanjang 8,9 km, dan seluruh ruas Medan-Kualanamu-Tebing Tinggi sepanjang 61,7 km.

“ Untuk ruas Pekanbaru-Dumai, sudah mulai dilakukan pekerjaan fisiknya,” kata dia.

Berdasarkan Peraturan Presiden No. 100 Tahun 2014, PT Hutama Karya ditugasi untuk menggarap empat ruas jalan tol Trans Sumatera, dengan target panjang ruas yang dikerjakan mencapai 625,83 km. Semua ruas tol ini ditargetkan beroperasi penuh pada 2019.(Sah)

Beri Komentar