Catat! Bayar Tol Tak Bisa Lagi Pakai Uang Tunai Tahun Ini

Reporter : Arie Dwi Budiawati
Selasa, 14 Maret 2017 13:44
Catat! Bayar Tol Tak Bisa Lagi Pakai Uang Tunai Tahun Ini
Seluruh pembayaran akan dilakukan dengan uang elektronik.

Dream – Buat para pelanggan jalan tol bersiaplah membeli kartu e-toll untuk transaksi pembayaran. Alasannya, Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menargetkan seluruh gerbang tol di Indonesia, tidak akan menggunakan transaksi tunai pada tahun ini.

Pelaksanaan pembayaran elektronik transaksi pembayaran tarif tol ini dilakukan secara bertahap.

“ Ya, ini lagi dalam proses menuju ke sana. Ini merupakan bentuk peningkatan layanan kepada masyarakat dan mengurangi waktu transaksi,” kata Kepala BPJT, Herry Trisaputra Zuna, ketika dihubungi Dream, Selasa 14 Maret 2017.

Herry mengatakan pihaknya bekerja sama dengan Bank Indonesia (BI), bank, dan badan usaha jalan tol untuk mendukung gerakan transaksi non tunai untuk pembayaran tarif tol. Dia mengatakan 23 persen dari total transaksi di gerbang tol merupakan transaksi non tunai dan akan ditingkatkan menjadi 100 persen.

“ Kami mendorong peningkatan transaksi non tunai dari waktu ke waktu. Harapannya bisa cashless tahun 2017,” kata dia.

Herry meminta operator jalan tol supaya bisa menerima pembayaran tol dengan uang elektronik di setiap gerbangnya. Dia juga meminta operator untuk membuat sistem pembayaran tarif tol multibank, yaitu pembayarannya bisa dilakukan dengan uang elektronik yang dikeluarkan oleh bank-bank lain.

“ Bank yang menyediakan e-money (electronic money/uang elektronik) dibuat multibank sehingga tidak monopoli. Ini sejalan dengan aturan Bank Indonesia bahwa layanan e-money tidak boleh eksklusif,” kata dia.

Beri Komentar