5 Cara Dongkrak Bisnis Online Selama Ramadhan

Reporter : Arie Dwi Budiawati
Senin, 12 April 2021 17:12
5 Cara Dongkrak Bisnis Online Selama Ramadhan
Ramadhan ini acapkali jadi momen penting untuk meningkatkan penjualan.

Dream – Penggiat usaha yang memiliki kanal digital, akan mempertahankan bisnis dan lapangan pekerjaannya di tengah pandemi. Ini juga berlaku menjelang bulan Ramadhan.

“ Selain memanfaatkan kanal digital, berkolaborasi dan berinovasi juga menjadi kunci menghadapi pandemi,” kata External Communication Senior Lead Tokopedia, Ekhel Chandra Wijaya, di Jakarta, dikutip dari keterangan tertulis Tokopedia, Minggu 11 April 2021.

Ekhel pun berbagi tips bagi pebisnis online untuk bisa meningkatkan penjualan selama Ramadhan. Pertama, mencari tahu produk yang sedang laris. Pengguna bisa melihat produk terlaris hingga rekomendasi kategori sampai inspirasi tren produk.

Kedua, mempercantik toko. Tak sedikit marketplace yang menawarkan fitur eksklusif yang bisa dipakai penjual untuk mendesain tokonya. Fitur ini juga bisa meningaktkan penjualan dan kepercayaan pembeli.

1 dari 1 halaman

Aktifkan Promo Bebas Ongkir

Ketiga, mengaktifkan promo bebas ongkir. Ya, fitur ini merupakan favorit pembeli. Dengan fitur bebas ongkir, penjual bisa menjangkau lebih banyak pembeli di luar pulau, khususnya selama Ramadhan. Kebutuhan sehari-hari masyarakat bisa meningkat.

Keempat, menawarkan produk parsel Ramadhan. Ekhel mengatakan, transaksi parsel di Tokopedia melonjak empat kali lipat selama Ramadhan 2020. Penjual bisa mengerek penjualan dengan mengunggah produk parsel.

“ Dengan rumus penamaan: parsel Ramadhan+jenis produk+merek+keterangan,” kata dia.

Yang terakhir, memanfaatkan media sosial untuk promosi. Untuk mendorong penjualan, biasanya penjual membuat promo sendiri. Misalnya, menggunakan bujet untuk membuat voucher di lapaknya. Nah, voucher ini bisa berupa cashback atau gratis ongkir. Promo ini lalu disebar ke media sosial.

Beri Komentar