5 Jenis Perusahaan Favorit Para Pencari Kerja di Awal Tahun

Reporter : Arie Dwi Budiawati
Minggu, 2 April 2017 07:25
5 Jenis Perusahaan Favorit Para Pencari Kerja di Awal Tahun
Lowongan pekerjaan yang ditayangkan diserbu oleh para pelamar.

Dream – Berharap dapat tempat kerja baru di awal tahun namun belum juga ada panggilan? Tenang kamu bukan satu-satunya yang bernasib kurang beruntung. Mungkin masalahnya karena kamu melamar pada satu jenis pekerjaan yang jadi favorit banyak orang.

Awal tahun memang jadi momen perusahaan untuk merekrut pegawai baru. Aneka lowongan pekerjaan bertebaran di laman media. Ada lowongan kerja yang kebanjiran peminat. Ada pula yang kosong melompong. 

Baca saja laporan dari platform komunitas online pencari kerja, Jobplanet yang menganalisis industri yang paling diminati oleh pencari kerja di awal tahun 2017.

Dari hasil analisa yang dibuat Jobplanet berdasarkan jumlah kunjungan pencari kerja ke laman informasi lowongan di situsnya, terungkap ada lima jenis perusahaan yang paling banyak dicari para pelamar kerja. 

Chief Product Officer Jobplanet di Indonesia, Kemas Antonius, mengungkapkan, dari 11 ribu konten lowongan kerja yang terpasang di situsnya, para pencari kerja selama Januari-Maret 2017 banyak berburu lowongan kerja di industri manufaktur dengan persentase mencapai 29 persen.

Jenis perusahaan kedua yang banyak jadi incaran adalah pelayanan 20 persen, ritel dan distribusi 14 persen, teknologi informasi 8 persen, serta perbankan dan keuangan 8 persen.

“ Meskipun tidak banyak membuka lowongan pekerjaan, industri perbankan dan keuangan termasuk dalam industri yang paling diminati oleh pencari kerja,” kata dia.

Kemas mengatakan hal ini didorong oleh pandangan masyarakat bahwa sektor perbankan memberikan kesejahteraan yang cukup baik bagi karyawannya.

“ Banyak orang memandang perbankan sebagai industri yang bergengsi serta memberikan kesejahteraan dan paket kompensasi yang menarik bagi karyawannya,” kata dia.

Meski gagal berburu pekerjaan di awal tahun ini, kamu mungkin akan lebih beruntung di bulan-bulan berikutnya. Yang penting jangan lelah mencoba. (Sah)

Beri Komentar