Kiat Youtuber Arief `Pocong` Sukses Bisnis Kosan Mewah

Reporter : Cynthia Amanda Male
Kamis, 10 Oktober 2019 09:12
Kiat Youtuber Arief `Pocong` Sukses Bisnis Kosan Mewah
Riset pasar menjadi salah satu bagian terpenting.

Dream - Selain menjadi youtuber, Arief Muhammad dan istrinya Tiara Pangestika mengelola bisnis indekos. Pria lulusan Trisakti ini membangun rumah sewa bergaya premium di bilangan BSD, Yogyakarta, Bandung dan Malang untuk dijadikan investasi.

" Bisnis kosan ini bukan bisnis yang bisa bikin kita kaya raya. Ini lebih ke tabungan jangka panjang," ujar Arief, di UnionSpace, Jakarta Selatan, Rabu 9 Oktober 2019.

Pria yang akrab dengan akun Pocong ini menjelaskan bisnis indekos telah menjadi passive income selain pemasukannya sebagai Youtuber. Bisnis properti, diakuinya sangat menjanjikan karena harga tanah dan bangunan yang pasti naik.

Namun Arief mengaku tak asal nyemplung ke bisnis indekos. Dia membangun usahanya ini dengan terlebih dahulu melakukan riset pasar millenials di sekitar kos-kosan yang ingin didirikan.

" Kebetulan aku emang ambil market-nya menengah ke atas. Rata-rata kalau aku riset, mereka ingin kosan yang seperti rumah," ucap dia.

 

1 dari 5 halaman

Mengukur tabungan

Kos-kosan milik Arief Muhammad dan Tipang© Instagram

Kos-kosan milik Arief Muhammad dan Tipang

Arief mengatakan, kos jenis tersebut dipilih karena penghuni tak memikirkan lagi keran air mati atau cucian baju yang tertukar.

Selain itu faktor keamanan sangat penting dalam membangun kos untuk menjaga barang penting milik penghuninya.

" Aku pasti cari kos yang aman, soalnya anak kos biasanya punya laptop yang isinya data kuliah. Kita nggak mau itu hilang. Jadi aku taruh CCTV di semua sudut kecuali kamar. Yang kedua, harus bersih. Yang ketiga, manajemennya harus nyaman," ujar dia.

Baginya, fasilitas seperti AC dan water heater belum tentu dibutuhkan penghuni kos. Namun untuk fasilitas Wifi saat ini memang sudah menjadi kewajiban.

" Kalau dulu kan ada TV kabel, kalau menurut gue sekarang udah nggak kepakai. Anak kos lebih cari Wifi," kata dia.

Arief mengatakan, bagi yang tertarik bisnis ini diminta ntuk mengukur tabungan modal sejak dini.

" Sebenarnya kalau income minimal untuk bisnis ini relatif banget. Tapi kita bisa kira-kira sendiri, mungkin bisa 30 persen dari income kita simpan," ucap dia.

2 dari 5 halaman

3 Tip Mudah Jadi Content Creator ala Arief Muhammad

Dream - Jumlah content creator atau influencer yang semakin bertambah membuat orang percaya bahwa profesi tersebut bisa dijadikan sumber utama penghasilan.

Tidak sedikit orang yang otodidak maupun mengikuti seminar agar bisa membuat konten menarik, bahkan menjualnya.

Namun menurut content creator, Arief Muhammad, untuk menggeluti profesi ini tidaklah sulit. Dia mengakatan, hanyabutuh tiga hal mendasar untuk menjadi content creator.

Arief Muhammad© dream.co.id/Cynthia Amanda Male

Arief Muhammad (Dream/ Cynthia Amanda Male)

3 dari 5 halaman

1. Karakter

“ Karakter itu bagaimana kita mau dikenal sama orang,” katanya dalam peluncuran OYO Life di UnionSpace, Jakarta Selatan, Rabu, 9 Oktober 2019.

Arief Muhammad© Instagram.com/ariefmuhammad

Arief Muhammad (Instagram.com/ariefmuhammad)

Ada banyak cara untuk bisa dikenal banyak orang. Kamu bisa membuat sensasi, pamer kekayaan, karya maupun prestasi.

“ Jadi tergantung kita mau dikenal lewat jalur yang mana. Apakah dikenalnya cepat tapi negatif atau terkenalnya agak lama tapi dikenal dengan baik, dapat respect lah,” jelasnya.

4 dari 5 halaman

2. Konten

“ Perhatikan juga konten yang kita bikin. Banyak orang yang ngeliat ‘oh ini lagi ramai ikutan ah’. Padahal itu belum tentu sesuai dengan karakter kita,” imbuh Arief.

Arief Muhammad© Instagram.com/ariefmuhammad

Arief Muhammad (Instagram.com/ariefmuhammad)

Sebaiknya, buatlah konten sesuai dengan kemampuan dan pengetahuanmu agar lebih berkualitas serta mudah dikontrol.

5 dari 5 halaman

3. Konsisten

“ Sebagaimanapun kita berusaha, momentum orang beda-beda. Ada orang yang sebulan terkenal. Ada yang nunggu 7 tahun baru terkenal. Momentumnya memang beda-beda, tapi yang penting konsisten aja dulu,” tutupnya.

Arief Muhammad© Instagram.com/ariefmuhammad

Arief Muhammad (Instagram.com/ariefmuhammad)

Beri Komentar