Wanita Indonesia Dominasi Bisnis UKM

Reporter : Arie Dwi Budiawati
Selasa, 12 Desember 2017 06:42
Wanita Indonesia Dominasi Bisnis UKM
Bank multinasional ini menyebut wanita mendominasi bisnis UKM.

Dream – Bank Commonwealth mendukung wanita pengusaha untuk merambah ekspor. Caranya, salah satunya dengan menghadirkan pelatihan Women Investment Series (WISE)-Women in Global Business Indonesia (WIGBI).

Director of SME Banking Bank Commonwealth, Ida Apulia mengatakan program itu merupakan pelatihan dengan sesi waktu 18 jam.

Apa saja isinya? Ada manajemen keuangan bisnis, kesiapan ekspor terkait pembiayaan, dan permodalan. Kontribusi usaha kecil menengah (UKM) terhadap perekonomian Indonesia sangat besar untuk dimanfaatkan.

“ Salah satu yang penting adalah edukasi bagi perempuan Indonesia, mengingat 51 persen usaha kecil dan 34 persen usaha menengah dimiliki perempuan,” kata Ida di Jakarta, Senin 11 Desember 2014.

Ida mengatakan pelaku usaha UKM yang berbisnis selama 4 tahun dan omzet penjualannya minimal Rp1 miliar setahun, bisa mendaftarkan diri sebagai peserta.

Usaha juga harus memiliki pembukuan dan volume penjualan yang baik serta berdomisili di Jabodetabek dan Surabaya. Proses seleksi akan dilakukan guna memilih kandidat yang nantinya akan dilatih langsung oleh para mentor pengusaha yang terlebih dahulu berkecimpung di pasar ekspor.

“ Melalui program WIGBI, Austrade berfokus pada pengediaan akses bagi pengusaha perempuan terhadap informasi, sumber daya dan bimbingan bisnis," kata Counsellor Commercial Trade & Investment Commisioner Austrade, Matthew Durban.

Saat ini, sudah ada lebih dari 2.500 perempuan yang diberikan pelatihan. Dua di antaranya merupakan peserta terbaik, yakni Nonita Respati dan Liza Yahya. Keduanya fokus pada bisnis fashion dan dipastikan siap terjun ke pasar ekspor mancanegara.

(ism, Laporan: Annisa Mutiara Asharini)

Beri Komentar
Steve Emmanuel Divonis 9 Tahun Penjara