4 Tips Punya Toko Meski Modal Cekak

Reporter : Arie Dwi Budiawati
Senin, 27 November 2017 09:15
4 Tips Punya Toko Meski Modal Cekak
Meskipun bisnis online menjamur, tak jarang ada orang yang bermimpi memiliki toko offline untuk perkembangan bisnisnya

Dream – Sahabat Dream, ada satu hal yang diimpikan oleh pebisnis online ketika berdagang. Mereka ingin memiliki toko offline. Meski hanya sebuah toko kecil, para pebisnis baru ini yakin usaha yang dijalankan semakin berkembang.

Namun banyak pelaku bisnis online yang sering kali mundur ketika ingin membuka sebuah toko. Mereka khawatir biaya operasional justru makin membengkak. Bayangkan saja, untuk sewa kios di Mangga Dua Mall, Jakarta, per tahun sebesar Rp23 juta.

Kekhawitran itu sah-saha saja Sahabat Dream. Tapi jika tak mencari solusinya, bisnis kamu mungkin akan berjalan di tempat. Kamu bisa mulai mencari informasi soal tarf sewa toko fisik berharga murah.

Sebelum memutuskan mencari toko fisik, pahami dulu empat tips mendapatkan toko offline dengan biaya yang minim.

Dilansir dari CekAja, Senin 27 November 2017, yang pertama adalah bagi hasil dengan pemilik tempat. Jika ada tempat yang diincar, namun dananya tidak cukup, tawarkan sistem bagi hasil dengan pemilik tempat. Jelaskan apa saja yang diperoleh oleh pemilik lokasi jika mau memberikan tempatnya untuk dijadikan toko. Buatlah pemilik tempat yakin bahwa usaha yang dirintis sudah memiliki nama.

Kedua, membuka di pasar modern. Harga sewa di pasar modern lenih murah daripada di pusat perbelanjaan. Dilihat dari sisi pengunjung, pasar modern tak kalah dengan mall. Kalangan pembeli pun beragam, mulai dari kalangan menengah ke bawah sampai orang-orang berduit. Lagipula pasar modern ini lebih nyaman dan aman untuk berbelanja.

Yang ketiga, mencari mall yang sepi. Untuk menghemat biaya, carilah lokasi usaha di mall atau pertokoan yang sepi. Namun, ada syaratnya. Bisnis online yang dijalankan memang sudah punya nama dan pelanggan. Meskipun toko fisik didirikan di tempat sepi, pelanggan tetap akan datang. Keuntungan lainnya, kepercayaan pelanggan akan meningkat jika Anda sudah memiliki lokasi usaha yang bisa didatangi.

Yang keempat, carilah tempat yang tak strategis. Hampir sama dengan tips yang sebelumnya dan cara ini bisa membuat Anda menghemat biaya operasional toko karena sewanya lebih murah daripada sewa toko di tempat strategis. Syaratnya juga sama: harus punya nama dan pelanggan.

Selamat mencoba.

Beri Komentar