Bolehkah Membeli Beras dengan Cara Utang?

Reporter : Arie Dwi Budiawati
Selasa, 31 Oktober 2017 07:41
Bolehkah Membeli Beras dengan Cara Utang?
Tak jarang kita berutang ketika membeli beras kalau sedang kepepet.

Dream – Tak bisa dipungkiri beras menjadi bagian dari makanan pokok kita sehari-hari. Bahan pangan ini bisa dibeli di pasar, supermarket, atau di toko kelontong.

Tak hanya dalam bentuk karung, beras juga bisa dibeli dengan eceran di toko kecil.

Biasanya kalau tak punya uang untuk membeli beras, tak jarang masyarakat membelinya dengan berutang. Pertanyaannya, apakah dalam Islam boleh membeli beras dengan cara berutang?

Dilansir dari Konsultasi Syariah, Selasa 31 Oktober 2017, beras termasuk enam benda ribawi, seperti kurma dan gandum.

Ada aturan khusus yang berlaku pada enam benda ribawi. Makanya wajar apabila muncul keraguan apakah boleh membeli beras dengan berutang, mengingat ada hadis yang menyinggung transaksi benda ribawi harus tunai alias kontan. Ada aturan baku dalam benda ribawi.

Pertama, jika tukar-menukar barang dilakukan untuk barang yang sejenis, dua syarat yang harus dipenuhi adalah wajib sama kuantitas dan tunai. Misalnya, emas dengan emas, perak dengan perak, atau rupiah dengan rupiah. Jika ada kelebihan dalam transaksi, statusnya akan menjadi riba.

Aturan yang kedua, jika barter dilakukan antar barang yang berbeda namun masih dalam satu kelompok, syaratnya satu, yaitu wajib tunai. Misalnya, emas dengan perak. Barter dua barang ini boleh beda berat, tetapi wajib tunai.

Yang ketiga, barter dilakukan untuk benda yang beda kelompok. Tak ada aturan khusus tentang hal ini sehingga boleh tidak sama dan tidak tunai.

Nah, kalau membeli beras dalam berutang, bolehkah itu dilakukan?

Kasus membeli beras dengan berutang ini hakikatnya adalah tukar-menukar benda ribawi dengan benda ribawi lainnya yang beda kelompok, yaitu beras dengan uang. Para ulama menggolongkan uang ke dalam benda ribawi, sama seperti emas dan perak. Lalu, aturan yang berlaku untuk membeli beras dengan berutang, yaitu… Baca selengkapnya di sini.

Beri Komentar