Penerapan QRIS Justru Mempermudah Pembayaran Elektronik, Kata BI. (Foto: Raissa Anjanique Nathania)
Dream - Bank Indonesia getol mengampanyekan penggunaan Quick Response Code Indonesia Standard (QRIS) dalam menjalankan transaksi jual beli. Diluncurkan 1 Januari 2020, pembayaran dengan metode QRIS telah dipakai ratusan ribu merchant di tanah air.
Untuk diketahui, masyarakat bisa melakukan transaksi dapat menggunakan QRIS dengan men-scan barcode yang tertera di merchant menggunakan smartphone. Pembeli terlebih dahulu sudah terdaftar sebagai pemakai dompet digital.
“ Kami ingin membuat mereka semua mengerti QRIS tidak menghilangkan kenikmatan transaksi bagi konsumen atau merchant, tetapi mempermudah. (Standar ini) satu untuk semua,” kata Direktur Departemen Pengelolaan Uang BI, Lector E. Tapiheru, di Jakarta, baru-baru ini.
Menurut Lector pemberlakuan QRIS dilakukan sebagai bentuk dukungan BI terhadap pelaku usaha UKM dan pemerintah. Diharapkan QRIS bisa mengintegrasikan ekonomi keuangan digital sebagai salah satu visi Sistem Pembayaran Indonesia tahun 2025.
“ Di Jakarta, sudah sekitar 618 ribu atau 20 persen merchant yang sudah QRIS. Totalnya ada 2,6 juta merchant di seluruh Indonesia,” kata dia.
Untuk DANA sendiri, penerapan QRIS ini menunjukkan efektivitas yang tinggi. DANA mencatat, 28 persen transaksi di lebih dari 100 ribu merchant DANA berasal dari pengguna e-payment brand lain.
Diharapkan penggunaan QRIS ini dapat memudahkan e-payment, bukan hanya bagi konsumen saja, tetapi juga bagi merchant-merchantnya.
" Dari segi merchant sih kita happy banget ya, karena ini sangat mempermudah, sebelum ada QRIS itu kita punya keterbatasan tempat, dan seperti kita ketahui, semakin marak brand-brand e-wallet, jadi sebenarnya meja kasir sudah penuh sekali dengan QR Code," kata Head of Marketing & Business Fore Coffee, Shintia Xu.
(Laporan: Raissa Anjanique Nathania)
Dream - Perkembangan teknologi berkembang seiring kebutuhan hidup manusia. Teknologi yang paling mebcolok saat ini diterapkan di ponsel.
Selain virtual assistant, ponsel juga dapat menjadi alat untuk mempermudah aktivitas ibadah. Salah satu yang kini sedang berkembang yaitu penggunaan gawai untuk membayar zakat.
Chief Communication Officer Dana, Chrisma Albandjar mengatakan, dompet digital ini sedang menyediakan dua fasilitas pembayaran zakat dan sedekah. Dana menggandeng dua lembaga amil zakat, yaitu Baznas dan Dompet Dhuafa.
" Untuk membayar zakat langsung pakai dana. Tidak usah top up atau dengan QR," kata Chrisma saat di acara Dream Camp, di Energy Building, Jakarta Selatan, Sabtu, 11 Mei 2019.
Chrisma mengatakan, yang spesial, dengan berdonasi dan berzakat, pengguna dapat berkesempatan untuk ikut umroh
Chrisma mengatakan, Dana merupakan infrastuktur pembayaran untuk mengatasi masalah transaksi di Indonesia. Dia menyontohkan, transaksi perdagangan kerap gagal lantaran terjadinya miss opportunity yang disebabkan tidak adanya uang nyata.
" Gara-gara masalah pembayaran itu dana ada di situ," ucap dia.
Chrisma mengatakan, Dana berfungsi sebagai dompet digital. Sehingga pengguna tak perlu khawatir soal hukum penggunaannya. Misalnya, pengguna tak perlu khawatir apakah uang itu akan diputar oleh Dana atau uang milik pengguna menjadi riba.
" Dompet Anda meribakan nggak?" ujar dia.
Dengan adanya Dana ini, masyarakat Indonesia akan menghadapi kemudahan bertransaksi.
Saat ini, kata Chrisma, Dana telah digunakan 15 juta pengguna. Angka transaksi Dana pun mencapai 1 juta transaksi per hari.
Dream – Sejak diperkenalkan pada 21 Maret 2019, dompet digital DANA telah mendapatkan tempat di hati masyarakat. Jumlah pengguna barunya dilaporkan telah mencapai sekitar 10 juta pengguna.
Dikutip dari Liputan6.com, Selasa 2 April 2019, Chief Communication Officer DANA, Chirsma Albandjar, mengatakan Dana telah menjadi infrastruktur transaksi pembayaran non tunai di Indonesia selama setahun terakhir.
" Lebih dari 10 juta pengguna baru satu tahun di bulan Maret ini. Transaksi lebih dari 1 juta itu karena mudah. Orang percaya dengan DANA, garansi 100 persen," kata Chrisma di Yogyakarta.
Menurut Chrisma, DANA memiliki kedekatan dengan Indonesia. Semua programer dan pegawai di paltform digital ini berasal dari Indonesia. Begitu pula dengan investornya.
" Kita juga terhubung dengan Disdukcapil. Jadi kalau KTP bodong enggak bisa KYC (Know Your Customer),” kata dia.
Selain aman dan garansi saat bertransaksi, DANA telah mengembangkan berbagai layanan yang memperkuat fungsinya sebagai dompet digital. DANA tidak hanya melakukan transaksi pembayaran digital, tapi juga efektif mengirim uang, menyimpan kartu debit, kartu kredit, serta menunjang berbagai transaksi keuangan dan gaya hidup para pengguna melalui beragam fitur yang tersedia.
Misalnya, fitur mengirim uang serta membayar tagihan listrik sampai BPJS.
" Bisa kirim uang ada beberapa fitur lainnya. Bayar listrik, BPJS, Pulsa dan lainnya. DANA mampu memfasilitasi transfer saldo dengan cepat dan mudah melalui layanan Kirim DANA dan Minta DANA, serta memungkinkan pengguna membayar dengan kartu debit atau kartu kredit mereka yang sudah tersimpan di dompet digital DANA,” kata dia.
Dana juga dirancang ramah untuk pelaku usaha karena dapat membuat bisnis berjalan lebih produktif dan efisien. Melalui dompet digital DANA, transaksi dengan nominal tak lazim seperti Rp1 pun dapat terlayani.
" Kirim 11 rupiah pun bisa. Tidak ada batasan. Bisa lewat DANA, dengan demikian semua pelaku usaha tetap kompeten dan berdaya saing tinggi di era digital ini,” kata dia.
Saat ini setidaknya ada ribuan lokasi yang sudah bertransaksi secara digital DANA. Pengusaha offline di antaranya adalah para pedagang di pasar tradisional, pengemudi jasa transportasi umum, pemilik toko individual hingga gerai-gerai yang memiliki ratusan cabang seperti Ramayana, KFC, Sour Sally, Gulu Gulu, HokBen, Wendy’s, Coffee Bean, Baskin Robbins, Bakmi GM, Domino’s Pizza, Re-juve, hingga Kopi Kulo dan Kopi Kenangan.
" Kami ada 15 ribu lokasi di seluruh Indonesia, Jogja juga merupakan salah satunya karena Jogja itu kota kreatif, pariwisata dan paling banyak entrepenuer. DANA ingin membantu itu," katanya.
Salah satu yang menarik dari DANA ini adalah adanya fitur DANA Kaget. Melalui fitur ini pemilik akun DANA bisa mengirimkan uang kepada seseorang, klien, atau pelanggan terfavorit.
" Kami bisa kirim ke lima orang pelanggan kelontong misalnya. Bisa saja, ini membuat kami semakin kreatif dan memudahkan kebutuhan seperti ini," kata dia.
(Sah, Sumber: Liputan6.com/Yanuar H)
Advertisement
Seru Abis! Komunitas Ini Sampaikan Kritikan dengan Main Karet Depan Gedung DPR
Potret Beda Pesta Pora 2025, Ada Jumatan Bareng Dipimpin Rhoma Irama
Psikolog Ungkap Pentingnya Pengawasan Orangtua Saat Anak Main Game
Inspiratif, Tiga Artis Cantik Ini Ternyata Founder Komunitas
Fakta-Fakta Ciamis Jadi Kota Kecil Terbersih se-ASEAN
Psikolog Ungkap Pentingnya Pengawasan Orangtua Saat Anak Main Game
Potret Beda Pesta Pora 2025, Ada Jumatan Bareng Dipimpin Rhoma Irama
Seru Abis! Komunitas Ini Sampaikan Kritikan dengan Main Karet Depan Gedung DPR
Tak Hanya di Indonesia, 7 Mitos Aneh di Berbagai Belahan Dunia
Kata Ahli Gizi Soal Pentingnya Vitamin C untuk Tumbuh Kembang Anak
Tak Hanya di Indonesia, 7 Mitos Aneh di Berbagai Belahan Dunia
Seru Abis! Komunitas Ini Sampaikan Kritikan dengan Main Karet Depan Gedung DPR