Viral Pasar Muamalah Depok Transaksi Pakai Dinar, BI Keluarkan Peringatan

Reporter : Arie Dwi Budiawati
Jumat, 29 Januari 2021 07:12
Viral Pasar Muamalah Depok Transaksi Pakai Dinar, BI Keluarkan Peringatan
Rupiah juga menjadi salah satu simbol kedaulatan negara.

Dream – Belum lama ini, Pasar Muamalah di Jalan Raya Tanah Baru, Beji, Depok, Jawa Barat, menjadi perbincangan di media sosial. Sebab, transaksi di pasar itu tidak menggunakan uang rupiah, melainkan dinar dan dirham.

Menanggapi hal ini, Direktur Eksekutif Departemen Komunikasi BI Erwin Haryono menegaskan, rupiah adalah satu-satunya alat pembayaran yang sah di Indonesia.

“ BI mengingatkan masyarakat untuk berhati-hati dan menghindari penggunaan alat pembayaran selain rupiah,” kata Erwin, dikutip dari Merdeka.com, Kamis 28 Januari 2021.

Berdasarkan Pasal 23 B UUD 1945 jo. Pasal 1 angka 1 dan angka 2, Pasal 2 ayat (1) serta Pasal 21 ayat (1) UU Mata Uang. Di mana setiap transaksi yang mempunyai tujuan pembayaran yang dilakukan di wilayah Tanah Air wajib menggunakan rupiah.

“ Dalam hal ini kami menegaskan bahwa dinar, dirham, atau bentuk-bentuk lainnya selain uang rupiah bukan merupakan alat pembayaran yang sah di wilayah NKRI,” kata dia.

BI mengajak masyarakat dan berbagai pihak untuk menjaga kedaulatan rupiah sebagai mata uang NKRI. BI berkomitmen untuk terus mendorong gerakan untuk mencintai dan merawat rupiah bersama dengan otoritas terkait dan seluruh komponen masyarakat sebagai salah satu simbol kedaulatan negara.

1 dari 2 halaman

BI Rilis Rupiah Edisi Kemerdekaan RI ke-75 Besok

Dream - Merayakan HUT Kemerdekaan RI ke-75, Bank Indonesia akan merilis uang rupiah edisi khusus. Peluncuran ini digelar Senin besok, 17 Agustus 2020.

Uang baru ini tidak untuk transaksi melainkan sebatas barang koleksi. Ini akan menambah koleksi uang khusus yang diterbitkan BI untuk momen-momen tertentu.

 

© Dream

 

Kepala Departemen Komunikasi BI, Onny Widjanarko, masih enggan memberikan informasi mengenai rilis uang baru tersebut.

" Tunggu besok ya," kata Onny, dikutip dari Liputan6.com.

 

2 dari 2 halaman

Dihadiri Gubernur BI dan Menkeu

Menurut informasi yang beredar, peluncuran tersebut akan digelar melalui streaming online pada pukul 11.50 WIB. Sebelumnya, BI pernah menerbitkan rupiah edisi khusus seperti Seri 25 Tahun Kemerdekaan Indonesia, Seri Perjuangan Angkatan 45, Seri Save The Children, Seri Cagar Alam, dan masih banyak lagi.

Nantinya, peluncuran tersebut dihadiri Gubernur BI Perry Warjiyo dan Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati.

Salah satu agenda dalam peluncuran tersebut yaitu penyerahan Uang Peringatan Kemerdekaan 75 Tahun RI kepada keluarga Proklamator secara simbolis.

Sumber: Liputan6.com/Tira Santia

Beri Komentar