Bukan Cuman Mimpi, Ini Kekuatan Indonesia Jadi Pusat Fashion Muslim Dunia

Reporter : Editor Dream.co.id
Rabu, 5 Oktober 2022 08:12
Bukan Cuman Mimpi, Ini Kekuatan Indonesia Jadi Pusat Fashion Muslim Dunia
Dari data survei Global Islamic Economy Indicator, Indonesia saat ini nangkring di peringkat ke tiga.

Dream - Keinginan Indonesia untuk menjadi pusat fashion Muslim dunia bukan sekadar mimpi. Sebab, Indonesia sebagai negeri dengan penduduk Muslim terbesar punya modal lebih dari cukup untuk menjadi trendsetter mode Muslim dunia.

" Ini tentu bukan hanya mimpi belaka, karena kita punya potensi untuk menjadikan Indonesia sebagai pusat mode fesyen muslim dunia," kata Direktur Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional Kementerian Perdagangan, Didi Sumedi, dikutip dari merdeka.com, Rabu 5 Oktober 2022.

Menurut dia, dari data survei Global Islamic Economy Indicator, Indonesia saat ini nangkring di peringkat ke tiga. Sehingga sangat tidak mustahil Indonesia mengembangkan produk dan menjadi pusat mode Muslim dunia.

1 dari 2 halaman

" Selama ini, leaders dari pusat fesyen muslim adalah Uni Emirat Arab dan Turki. Padahal penduduk mereka tidak lebih dari 50 juta, tapi kok kita kalah. Ini yang jadi tugas bagaimana kita harus naik peringkat satu di 2024," tambah Didi.

Namun, untuk menjadi pusat mode Muslim dunia tidaklah mudah. Sebab, kini dunia berada di ambang krisis akibat pandemi Covid-19 dan masalah geopolitik Ukraina dan Rusia.

" Pertumbuhan ekonomi dunia yang diprediksi oleh IMF juga akan melambat, tidak lebih dari 3 persen. Ini juga termasuk Indonesia," lanjut dia.

2 dari 2 halaman

Perlambatan ekonomi, tambah Didi, sangat mempengaruhi daya beli masyarakat khususnya bidang fashion. Lifestyle masih menjadi nomor dua karena konsumen lebih memprioritaskan kebutuhan pokok.

" Ini tantangan bagaimana cara bisa menembus market yang sedang menciut," kata Didi.

Dia berharap dengan kerja sama yang erat antara pemerintah, swasta dan akademisi akan bisa mencermati dan menyiasati strategi yang perlu dilakukan untuk mewujudkan cita-cita Indonesia sebagai mode fashion muslim dunia.

Beri Komentar