Bunda, Begini Trik Menabung Dana Pendidikan untuk Anak

Reporter : Arie Dwi Budiawati
Jumat, 23 Februari 2018 07:45
Bunda, Begini Trik Menabung Dana Pendidikan untuk Anak
Jangan sampai mengganggu bujet kebutuhan sehari-hari, ya.

Dream – Untuk Sahabat Dream yang sudah menikah dan punya anak, ada satu hal yang perlu diperhatikan: pendidikan anak. Orang tua harus serius menyikapi pendidikan anak karena biayanya semakin mahal dari tahun ke tahun.

Karena biaya pendidikan semakin mahal, tak sedikit orang tua yang khawatir sang anak tidak bisa mengenyam pendidikan, bahkan pendidikan tinggi.

Perlu diingat, menyisihkan uang untuk pendidikan anak juga perlu strategi khusus. Jangan sampai kebutuhan sehari-hari “ terganggu” dengan anggaran untuk dana pendidikan anak.

Terlebih dahulu, Anda harus menghitung besar kebutuhan bulanan, mulai dari kebutuhan sehari-hari sampai cicilan rumah tabungan. Kalau ada sisa, sisihkan sebagian untuk dana pendidikan.

Langkah selanjutnya adalah menghitung biaya pendidikan. Sahabat Dream dan pasangan sebaiknya mempertimbangkan apakah anak akan disekolahkan di sekolah bertaraf internasional atau tidak.

Kalau di sekolah bertaraf internasional, biayanya akan lebih mahal daripada sekolah biasa. Ketika menghitung biaya pendidikan, jangan lupa juga memasukkan inflasi tahunan.

Kemudian, buatlah simpanan pendidikan. Ada instrumen-instrumen yang pas untuk dana pendidikan. Ada deposito, tabungan pendidikan, asuransi pendidikan, reksa dana, dan emas. Pilihlah sesuai kebutuhan.

Jika menginginkan simpanan pendidikan anak disertai dengan asuransi, Anda bisa memilih asuransi pendidikan. Namun, jika ingin jumlah yang pasti, tabungan pendidikan bisa dipilih.

Yang terakhir, buatlah target dana pendidikan terkumpul. Misalnya, Anda memerlukan dana pendidikan sebesar Rp300 juta selama 10 tahun. Setahun, uang yang harus terkumpul sebesar Rp30 juta atau per tahunnya sebesar Rp2,5 juta per bulan.

Dengan nominal itu, Anda bisa mengevaluasi kemampuan diri: bisakah mengumpulkan uang Rp2,5 juta untuk tabungan pendidikan.

Selamat mencoba!

Beri Komentar