BUMDesa Bisa Buat Orang Desa Sejahtera

Reporter : Arie Dwi Budiawati
Selasa, 27 September 2016 10:43
BUMDesa Bisa Buat Orang Desa Sejahtera
BUMDesa ini disebut bisa menjadi sarana untuk mendongkrak perekonomian masyarakat di desa.

Dream – Salah satu badan ekonomi yang tengah digalakkan pemerintah untuk meningkatkan perekonomian adalah Badan Usaha Milik Desa (BUMDesa). Badan usaha ini disebut-sebut mampu meningkatkan pemberdayaan ekonomi masyarakat desa dan membuat lapangan pekerjaan baru.

Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi, Eko Putro Sandjojo, menegaskan BUMDesa adalah badan usaha yang pas untuk diterapkan di desa, terkait dengan pemanfaatan dana desa.

“ BUMDesa menjadi satu langkah yang tepat untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa. Coba nanti (lakukan) usaha yang berkaitan dengan kebutuhan hidup yang dasar, seperti bahan pokok, gas, dan lainnya,” kata Eko saat peresmian BUMDesa Arum Dalu di Ponorogo, Jawa Timur, dalam keterangan tertulis yang diterima Dream, Selasa 27 September 2016.

Dia berpesan kepada masyarakat yang berusaha di BUMDesa untuk mencari usaha yang berhubungan langsung dengan kebutuhan masyarakat. Kemudian, fokus untuk mengembangkan bisnis tersebut.

“ Fokus terus dan memiliki skala untuk terus mengembangkannya,” kata dia.

Jika masyarakat mengelola dana desa, kata Eko, penggunaan dana desa untuk mengelola keuangan dengan BUMDesa sangat diperbolehkan.

“ Namun, perlu diperhatikan untuk mencari fokus pada usaha dan memiliki skala ukur,” kata dia.

Beri Komentar