Daniel Mananta: Semangat UMKM Seperti Pahlawan, Tak Kenal Menyerah

Reporter : Dwi Ratih
Selasa, 10 Agustus 2021 19:12
Daniel Mananta: Semangat UMKM Seperti Pahlawan, Tak Kenal Menyerah
UMKM jadi salah satu dampak pandemi COVID-19.

Dream – Bagi bangsa Indonesia, Agustus menjadi bulan yang dinantikan karena biasanya diwarnai dengan ragam kegiatan memperingatai Hari Kemerdekan setiap tangga 17 Agustus. Di tahun ini, Indonesia genap telah berusia 76 tahun sejak proklamasi pertama kali dibacakan Soekarno-Hatta. 

Setiap tanggal 17 Agustus kita mengingat kembali jasa dan semangat para pejuang untuk meraih kemerdekaan. Momen bersejarah yang membuat bangsa Indonesia menikmati kebebasannya termasuk dalam berseni, berinovasi, dan berkarya.

Meraih kebebasan merupakan hal yang sangat sulit, tapi mungkin saja terjadi jika tidak mengenal kata menyerah. Mengusung semangat seperti pahlawan, menjadi obat yang paling manjur di masa sulit ini.

Daniel Mananta, Creativepreneur sekaligus selebriti ini memutuskan menjadi seorang YouTuber semenjak masa pandemi. Lewat program berjudul ‘Daniel Tetangga Kamu’, Dia berhasil menarik perhatian publik dengan melakukan talkshow membahas topik viral.

Saat ini, Daniel sudah mengundang lebih dari 70 publik figur yang membagikan kisah inspiratifnya.

Daniel Manantan© Instagram.com/vjdaniel

1 dari 4 halaman

Bantu UMKM Indonesia

Daniel merasa situasi dan kondisi yang tidak menentu seperti saat ini tidak hanya membuat brand besar kehilangan pemasukan. Mereka yang memiliki usaha kecil juga turut menderita karena berkurnganya penghasilan.

Masa pandemi yang sudah berlangsung lebih dari 1,5 tahun ini tentunya berpengaruh terhadap ekonomi khususnya UMKM.

Konferensi pers Shopee© Dream.co.id/Angela Mihardja

“ Buat bisnis UMKM yang masih bertahan, gue mau kasih tepuk tangan,” kata Daniel pada kampanye ‘Shopee 17.8 Merdeka Sale Bangun Semangat Untuk Indonesia’, Selasa 10 Agustus 2021.

Daniel bercerita bahwa toko yang dikelolanya di seluruh mall Jakarta terpaksa tutup operasi. Dari awalnya bersifat sementara kini menjadi permanen.

Menanggapi kondisi yang dialami hampir semua UMKM, e-commerce Shopee membuat berbagai program untuk memudahkan masyarakat dalam memperoleh kebutuhan.

2 dari 4 halaman

Tersebar ke seluruh Indonesia

“ Terimakasih Shopee karena sangat membantu, bukan dari kota ke kota saja tapi seluruh Indonesia,” kata Daniel.

UMKM yang masih bertahan, lanjut Daniel, memiliki semangat seperti pahlawan, karena tidak mengenal kata menyerah.

Sejalan dengan Daniel, Bangkit Soemargono, PR Russ & Co, mengaku sudah dua kali lebaran dan dua kali tahun baru tidak dapat membuka clothing linenya di jalan Sultan Agung, Bandung.

Dia merasa semakin banyak kampanye yang diadakan Shopee, akan semakin membantu seller seperti dirinya.

3 dari 4 halaman

Banyak pembeli, banyak masalah

Namun berjualan secara online tak lantas menihilkan masalah. Bangkit tetap menghadapi masalah kecil seperti pengiriman yang terlambat sehingga membuatnya harus penjelasan pada buyer di Shopee.

“ Semakin banyak order, semakin banyak masalah baru. Makanya kita harus beradaptasi, dengan demikian semangat menjadi hal yang perlu dimiliki untuk tetap bertahan," kata Bangkit.

Konferensi pers Shopee© Dream.co.id/Angela Mihardja

Meski tahun 2020 tren fashion sangat tenggelam, tahun ini mulai terlihat kembali titik terang. Banyak orang yang membuat konten dari rumah dan ingin tetap terlihat fashionable.

“ Shopee hadir untuk menyediakan kebutuhan mereka, tanpa harus keluar rumah,” kata Radityo Triatmojo selaku Head of Public Policy Shopee Indonesia di kesempatan yang sama.

Terlebih, adanya program ekspor hingga ke Brazil membuat UMKM dapat melakukan ekspor yang difasilitasi Shopee.

4 dari 4 halaman

Jangan lewatkan promonya

Konfrensi pers Shopee© Dream.co.id/Angela Mihardja

“ Gue sering jadi host acara Shopee dan senang sekali melihat data banyak produk Indonesia go-international melalui Shopee,” sambung Daniel pada seluruh rekan media yang hadir.

Berbagai promo yang diadakan Shopee, layaknya bambu runcing sebagai senjata pahlawan UMKM. Shopee 17.8 Merdeka Sale memberikan voucher gratis ongkir ke seluruh Indonesia, ekstra cashback 76% produk lokal, dan kolaborasi produk lokal.

Salah satunya yaitu mengadakan kolaborasi dengan Russ & Co milik Bangkit, yang menawarkan t-shirt dengan tulisan yang menggugah rasa patriotisme.

(Sah, Laporan: Angela Irena Mihardja)

Beri Komentar