Pesan Jokowi untuk Bank Syariah Indonesia

Reporter : Arie Dwi Budiawati
Selasa, 2 Februari 2021 07:13
Pesan Jokowi untuk Bank Syariah Indonesia
Jokowi ingin bank itu berkontribusi besar terhadap perekonomian Indonesia.

Dream – Presiden Joko Widodo (Jokowi) baru saja meresmikan PT Bank Syariah Indonesia Tbk. Jokowi menaruh harapan besar kepada bank syariah hasil merger terhadap pengembangan ekonomi syariah di Indonesia.

“ Saya berharap Bank Syariah Indonesia memberikan kontribusi yang besar terhadap pengembangan ekonomi syariah,” kata Jokowi dalam peluncuran Bank Syariah Indonesia secara virtual, Senin 1 Februari 2021.

Ada beberapa pesan yang disampaikan kepada bank syariah ini. Pertama, Bank Syariah Indonesia harus menjadi universal dan tidak hanya melayani masyarakat Muslim, tetapi juga yang non-Muslim. Tujuannya agar bank itu bisa menjangkau lebih banyak nasabah.

“ Jadi, jangan berpikir Bank Syariah Indonesia hanya untuk umat Muslim. Yang non-Muslim juga harus diterima baik.” Kata dia.

Yang kedua, Jokowi ingin bank ini memaksimalkan teknologi digital untuk menjangkau masyarakat yang belum terjangkau oleh perbankan,

1 dari 3 halaman

Pikat Generasi Milenial

Ketiga, Bank Syariah Indonesia harus menarik minat generasi muda untuk menjadikannya sebagai nasabah, terutama milenial. Dikatakan bahwa saat ini generasi milenial mencapai 25,27 persen dari total penduduk di Indonesia.

“ Ini jumlah yang besar,” kata dia.

Kemudian, bank hasil merger itu juga harus memberikan produk dan layanan yang kompetitif dan memenuhi kebutuhan dari berbagai segmen, mulai dari UMKM hingga korporasi, terutama untuk kawasan regional dan global.

“ Harapannya, gesit menangkap peluang (dan) mampu menciptakan tren baru dalam perbankan syariah,” kata dia.

2 dari 3 halaman

Makna Logo Bintang dan Cerita di Balik Nama Bank Syariah Indonesia

Dream – PT Bank Syariah Indonesia Tbk resmi beroperasi pada hari ini, Senin, 1 Februari 2021. Bank tersebut merupakan hasil merger dari tiga bank milik Himpunan Bank Negara yaitu PT BRISyariah Tbk, PT Bank Mandiri Syariah, dan PT Bank BNI Syariah.

Sebelum resmi menggunakan brand Bank Syariah Indonesia, santer beredar nama bank yang masuk 10 pemilik aset terbesar di Indonesia akan menggunakan nama Bank Amanah.

 

© Dream

 

Direktur Utama Bank Syariah Indonesia, Hery Gunardy, menceritakan tim merger akhirnya memutuskan menggunakan nama “ Bank Syariah Indonesia” karena dinilai representatif dengan misi besar yang diembannya.

“ Nama BSI dipilih karena ingin menjadi representasi Indonesia, baik tingkat internasional maupun global,” kata Hery dalam peluncuran PT Bank Syariah Indonesia Tbk secara virtual.

3 dari 3 halaman

Makna Bintang

Hery menjelaskan logo Bank Syariah Indonesia juga mencantumkan gambar bintang di atas huruf I dengan warna terang. Bintang itu didesain memiliki lima sudut yang memiliki arti khusus.

“ Bintang sudut lima ini melambangkan Pancasila dan rukun Islam,” kata dia.

Sekadar informasi, Bank Syariah Indonesia diluncurkan secara resmi oleh Presiden Joko Widodo. Menurut catatan Hery, total aset Bank Syariah Indonesia sebesar Rp240 triliun, pembiayaan Rp157 triliun, dan modal inti Rp22,6 triliun. Bank ini juga memiliki total kantor 1.200 unit dan 20 ribuan lebih karyawan seluruh Indonesia.

Beri Komentar