Mau Rp32 Juta? Terjemahkan Misteri Tulisan di Batu Prasasti Ini

Reporter : Arie Dwi Budiawati
Kamis, 16 Mei 2019 08:46
Mau Rp32 Juta? Terjemahkan Misteri Tulisan di Batu Prasasti Ini
Ada prasasti yang membingungkan sebuah desa kecil di Perancis.

Dream – Plougastel—desa kecil di kawasan Brittany, Perancis, menawarkan hadiah senilai 2 ribu euro sekitar Rp32 juta untuk mereka yang bisa menerjemahkan tulisan di sebuah prasasti batu.

Dikutip dari Oddity Central, Kamis 16 Mei 2019, prasasti batu ini ditemukan beberapa tahun lalu. Batu bertulis ini ditemukan di teluk yang hanya bisa diakses ketika air surut.

Ada 20 baris tulisan yang ditulis dalam sebuah bahasa. Tertulis prasasti ini ditulis pada 1787—1787. Ada juga ukiran kapal dengan layar dan kemudi. Ditambah dengan hati suci.

Pakar setempat telah berjuang menguraikan gambar-gambar yang sudah berusia berabad-abad. Tapi, sejauh ini yang didapatkan hanyalah teori.

Beberapa pakar percaya bahwa prasasti itu ditulis dalam bahasa Breton tua atau Basque. Sementara yang lain berpikir yang mengukir ke dalam batu ini mungkin setengah buta huruf.

“ Kami telah meminta sejarahwan dan arkeolog sekitar. Tapi, tidak ada yang bisa menyelesaikan cerita di balik batu,” kata kepala daerah Plougastel, Dominique Cap, kepada AFP.

1 dari 1 halaman

Adakan Kompetisi

Dominique mengatakan pihaknya menggelar kompetisi menerjemahkan prasasti. “ Mungkin orang di luar sana di dunia ini punya pengetahuan yang kami butuhkan. Daripada tetap dalam ketidaktahuan, kami mengadakan kompetisi,” kata dia.

Desa Plougastel menawarkan 2 ribu euro bagi siapa pun yang bisa menerjemahkan dan mengartikan pesan di prasasti yang berusia 230 tahun itu. Ahli bahasa dan arkeolog diundang untuk mendaftar tantangan " The Champollion Mystery at Plougastel-Daoulas" .

Peserta akan dikirimkan foto-foto prasasti. Dikatakan bahwa ratusan orang sudah mendaftar kompetisi ini.(Sah)

Beri Komentar
Belajar Jadi Orangtua yang Lebih Baik di Fimelahood #MindfulParenting