Duh! Ternyata Waktu Kerja Produktif Hanya 3 Jam, Sisanya?

Reporter : Arie Dwi Budiawati
Selasa, 3 Oktober 2017 07:16
Duh! Ternyata Waktu Kerja Produktif Hanya 3 Jam, Sisanya?
Karyawan menggunakan sisa waktu kerjanya untuk...

Dream – Berapa jam Anda bekerja selama sehari? Bila Anda adalah karyawan kantor, mungkin bekerja mulai pukul sembilan pagi sampai lima sore. Sekitar delapan jam. Tapi, tahukah Anda bahwa sebenarnya waktu kerja produktif karyawan hanya tiga jam saja.

Laman Mirror melansir, sebuah survei terbaru dari lembaga penyimpanan uang di Inggris, Voucher Cloud, menunjukkan bahwa waktu kerja produktif karyawan hanya 2 jam 53 menit. Hasil ini diketahui setelah mensurvei 1.989 karyawan full time di Negeri Ratu ELizabeth tersebut.

Voucher Cloud mencatat ada 79 persen responden yang menjawab tidak dan 21 persen menjawab ya ketika ditanya apakah mereka bekerja produktif sepanjang hari. Lalu, ketika ditanya berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk bekerja produktif, rata-rata waktu yang dibutuhkan sebesar 2 jam 53 menit.

Survei ini menemukan ada sepuluh pekerjaan yang biasa dilakukan oleh orang-orang ketika sedang bekerja. Yang paling sering dilakukan adalah mengecek media sosial (47 persen), membaca situs berita (45 persen), dan mendiskusikan hal-hal yang di luar pekerjaan bersama kolega (38 persen).

Pekerjaan selanjutnya membuat minuman panas (31 persen), makan camilan (25 persen), dan memasak 24 persen. Sisanya ada 28 persen responden yang menghabiskan waktu untuk merokok, 24 persen untuk menelepon pacar ataupun teman-teman, dan 19 persen untuk mencari pekerjaan baru.

“ Tempat kerja yang modern memiliki banyak hal untuk memecah konsentrasi kita, terutama telepon dan minuman panas,” kata perwakilan Voucher Cloud, Chris Johnson.

Johnson mengatakan, selama bekerja, responden paling lama menghabiskan waktu untuk mengecek media sosial (44 menit), membaca situs berita (65 menit) mendiskusikan hal-hal di luar pekerjaan (40 menit), membuat kopi (17 menit), dan merokok 23 menit.

“ Beristirahat sejenak tidak apa-apa dan banyak pemimpin professional yang merekomendasikan agar istirahat teratur untuk membuat Anda lebih produktif. Tapi, menelepon teman atau mengecek jejaring sosial bisa mengurangi produktivitas kerja,” kata dia.

Beri Komentar