OJK: Generasi Milenial Motor Keuangan Syariah

Reporter : Arie Dwi Budiawati
Senin, 13 Mei 2019 17:15
OJK: Generasi Milenial Motor Keuangan Syariah
Sekaligus, penggerak industri halal. Mengapa?

Dream – Perkembangan teknologi saat ini tak bisa dibendung dan telah merambah ke seluruh sendi kehidupan masyarakat. Perkembangan teknologi yang pesat bisa memperbesar potensi ekonomi dan keuangan syariah.

“ Ini harus kita manfaatkan untuk memacu perkembangan industri halal dan keuangan syariah,” kata Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan, Wimboh Santoso, dalam “ Sharia Investment and Economic Summit 2019” di Bursa Efek Indonesia (BEI), Jakarta, dikutip dari keterangan tertulis yang diterima Dream, Senin 13 Mei 2019.

Wimboh mengatakan generasi milenial merupakan generasi yang inovatif, kreatif, dan melek teknologi. Generasi ini bisa menjadi mendorong pertumbuhan industri halal dan keuangan syariah.

“ Saya sangat berharap generasi muda kita ini menjadi mesin penggerak industri halal dan keuangan syariah kita,” kata dia.

Wimboh mengatakan teknologi bisa mempermudah dan mempercepat proses bisnis. Jangkauannya pun bisa semakin luas.

“ Di sektor jasa keuangan kita juga melihat transformasi yang telah dan akan terus terjadi, di mana saat ini kita mengenal istilah branchless banking, digital banking, insurtech dan futuready, online trading, investasi melalui marketplace dan e-money atau fintech payment,” kata dia.

1 dari 1 halaman

Kenapa Milenials?

Wimboh berharap generasi milenial bisa menjadi wirausahawan muda industri halal, investorm atau konsumen produk halal dan jasa keuangan syariah.

Dia mengungkapkan empat alasan generasi milenial bisa jadi motor industri halal dan keuangan syariah.

Pertama, berdasarkan data statistik Indonesia pada 2018, jumlah generasi milenilai pada usia 20 tahun—34 tahun lebih dari 100 juta orang. Jumlahnya akan meningkat jadi 4,7 miliar pada 2030.

Kedua, terdapat 142,6 juta penduduk pengguna internet. Ketiga, ada 177,9 juta penduduk menggunakan smartphone.

Keempat, jaringan tol langit akan segera menghubungkan seluruh wilayah Indonesia dengan akses internet cepat.

“ Kombinasi antara perkembangan teknologi dan besarnya penduduk muslim dan penduduk usia millenial, seharusnya dapat ditangkap oleh penggiat ekonomi syariah sebagai peluang untuk semakin mendorong perkembangan industri halal dan keuangan syariah,” kata dia. (ism) 

Beri Komentar
Yenny Wahid Rilis Produk Kecantikan Halal