Gojek Merogoh Kocek Rp125 Miliar Untuk Membantu Mitranya Di Tengah Pandemi Covid-19. (Foto: Facebook Gojek Indonesia)
Dream – Gojek turun tangan dalam upaya membantu pemerintah menangani pandemi Covid-19. Uluran tangan perusahaan platform transportasi online itu berupa bantuan senilai ratusan miliar rupiah yang disiapkan untuk para mitranya.
“ Sampai Agustus 2021, (bantuan) sebesar Rp125 miliar disampaikan kepada mitra-mitra kita,” kata Head of Indonesia Region Gojek, Gede Manggala, dalam “ #BangkitBersama Mitra Gojek” secara virtual, Senin 23 Agustus 2021.
Beberapa jenis bantuan yang diberikan tersebut di antaranya voucher belanja, voucher sembako, hingga masker dan sanitizer. Untuk para mitra Gojek yang sudah berusia lanjut, perusahaan juga membagikan sembako.
“ Tergerak solidaritas, kita ingin membantu mitra, Gojek berkomitmen dan memberikan dukungan kepada mktra untuk bangkit bersama menghadapi pandemi,” kata dia.
Bantuan berupa pembagian masker dan hand sanitizer gratis disediakan di posko AMAN Gojek yang tersedia di 70 kota. Bantuan masker ini diberikan sejak tahun 2020.
Selain itu, Gede menyebut pihaknya juga turut menggencarkan vaksinasi Covid-19. Perusahaan ini menggandeng pemerintah pusat dan daerah untuk membantu ratusan ribu mitra Gojek mendapatkan vaksinasi Covid-19.
“ Kami juga memberikan bantuan promo di tempat vaksinasi,” kata dia.
Dream – Telkomsel menambah suntikan dana kepada Gojek senilai US$300 juta (Rp4,26 triliun). Tambahan investasi ini dilakukan untuk memantapkan kolaborasi dalam mempercepat kemajuan ekosistem digital inklusif dan berkelanjutan di Tanah Air.
Investasi lanjutan ini dimaknai sebagai momentum memperkuat dan memperdalam kolaborasi untuk menghadirkan layanan digital komprehensif serta melahirkan lebih banyak solusi inovatif.
Kedua perusahaan pun bakal terus mendorong pemanfaatan teknologi secara lebih dalam di setiap aspek kehidupan masyarakat.
Dengan tambahan investasi, Telkomsel dan Gojek akan membuka lebih banyak peluang sinergi serta integrasi layanan digital. Tujuannya untuk memberikan nilai tambah yang lebih besar kepada pelanggan, masyarakat, dan seluruh mitra di ekosistem bisnis kedua perusahaan.
Direktur Utama Telkomsel, Setyanto Hantoro, mengatakan, investasi lanjutan dari Telkomsel merupakan penegas atas kesamaan visi kedua perusahaan yang sama-sama lahir untuk menjawab masalah di tengah masyarakat melalui inovasi dan teknologi.
" Telkomsel menatap optimis upaya penanaman modal terbaru ini akan membuka lebih banyak peluang bagi masyarakat untuk menikmati lebih banyak inovasi berbasis teknologi terdepan," kata Setyanto, dikutip dari Liputan6.com, Senin 10 Mei 20121.
Aksi korporasi ini merupakan strategi Telkomsel memperkuat trifecta bisnis digital perusahaan, yakni konektivitas digital, platform digital, dan layanan digital.
Co-CEO Gojek Group Andre Soelistyo mengatakan, pendanaan lanjutan Telkomsel ini akan mengoptimalkan sumber daya dan keahlian dari masing-masing perusahaan untuk berinvestasi dan memperluas manfaat ekonomi bagi lebih banyak konsumen, mitra driver, dan pelaku UMKM di Indonesia.
“ Kami percaya sekaligus berkomitmen bahwa kemitraan ini akan mendukung percepatan transformasi digital Indonesia yang akan memperkuat posisi Indonesia sebagai pemimpin pasar ekonomi digital Asia Tenggara,” katanya.
Aksi investasi lanjutan ini didukung pemegang saham Telkomsel yakni Telkom Indonesia dan Singtel Group.
Dengan investasi lanjutan, Telkomsel dan Gojek akan melengkapi sinergi yang telah dijalin dengan menjalankan lebih banyak upaya kolaboratif strategis.
Dengan demikian, keduanya mampu mengakselerasi adopsi gaya hidup digital dan mendorong lebih banyak pelaku bisnis dalam memanfaatkan platform daring.
Sebelumnya, Telkomsel mengumumkan investasinya kepada Gojek pada November 2020. Saat itu, perusahaan telko pelat merah menggelontorkan dana tunai sebesar US$150 juta atau setara Rp2,1 triliun pada Gojek.
Dengan investasi ini, kedua perusahaan sepakat berkolaborasi untuk memperkuat posisi di Indonesia sebagai negara dengan ekonomi digital terbesar di Asia Tenggara.
Investasi ini akan mendukung kedua perusahaan untuk bersinergi dalam mengakselerasi transformasi digital di Tanah Air.
Pasalnya, Gojek dan layanannya digunakan oleh jutaan konsumen dan mitra pengemudi. Sementara, Telkomsel sebagai operator seluler terbesar di Indonesia telah memiliki lebih dari 170 juta pelanggan.
Berbagai kolaborasi dilakukan keduanya mulai dari integrasi layanan Telkomsel MyAds dengan GoBiz, memudahkan UMKM Gojek jadi mitra reseller Telkomsel melalui aplikasi DigiPOS Aja!
Selain itu Telkomsel juga menyediakan paket data khusus untuk driver Gojek, menghadirkan lebih dari 20 ribu outlet Telkomsel di layanan GoShop, hingga kolaborasi co-marketing layanan gim Telkomsel Dunia Games dan Gopay untuk memberi nilai tambah bagi pengguna PUBG Mobile.
(Sumber: Liputan6.com/Agustin Setyo Wardani)