Guru Sisihkan 80% Gaji Buat Sedekah, Dibalas Uang Rp14 Miliar

Reporter : Syahid Latif
Rabu, 27 Maret 2019 14:44
Guru Sisihkan 80% Gaji Buat Sedekah, Dibalas Uang Rp14 Miliar
Dia mengajar di sebuah sekolah serba tak layak.

Dream - Ada keyakinan dalam masyarakat jika sedekah yang kita berikan akan mendapatkan balasan berlipat. Tentu saja amalan itu tak semata dilakukan untuk mencari balasan. Sedekah tetap dilandasi keikhlasan.

Bukti nyata keajaiban sedekah itu dibuktikan seorang guru matematika dan fisiki di Kenya.

Adalah Peter Tabichi, seorang pria yang berprofesi sebagai guru, mendonasikan 80 persen penghasilannya untuk membantu orang yang membutuhkan.

Tabichi mengajar di sebuah sekolah di desa Pwani dengan fasilitas hanya sebuah komputer dan koneksi internet yang buruk. Rasio guru dengan muridnya pun sangat menydihkan. Satu guru harus mengajar 58 murid.

Pria ini tak bisa berharap memperoleh gaji yang tinggi. Hampir sebagian besar muridnya berasal dari keluarga kekurangan dan sepertiganya adalah yatim piatu atau hanya memiliki satu orang tua.

Tabichi mencari konten untuk mengajar dengan mengunjungi warung internet (warnet) lalu mengimplementasikannya di kelas, dikutip dari CNN.

Bergaji kecil bahkan mendonasikan hingga 80 persen, pengabdian sang guru tetap tinggi. Tabichi terus mendorong siswanya belajar.

Dia bahkan membimbing anak didiknya bergabung dengan klub sains agar bisa ikut kompetisi skala nasional dan internasional.

1 dari 1 halaman

Dapat Penghargaan

Tekad itu menampakkan hasil. klub sains matematika dari sekolah ini memenuhi syarat untuk bertanding di INTEL International Science and Engineering Fair, Arizona.

Muridnya juga memenangkan penghargaan dari Royal Society of Chemistry setelah memanfaatkan tanaman lokal untuk menghasilkan listrik.

" Setiap hari kami selalu belajar hal baru di Afrika. Hari ini, saya mendapat penghargaan yang begitu besar, bukan untuk menunjukkan eksistensi saya namun untuk menunjukkan eksistensi pemuda benua Afrika," ujar Tabichi.

Dan pengabdian itu terbayar oleh Tabichi. Varkey Foundation Global Teacher Prize memberikannya sebuah penghargaan.

Tabichi menerima penghargaan dari aktor Hugh Jackman. Hadir juga pangeran mahkota Arab Sheikh Hamdan bin Mohammed Al Maktoum. Hadiah bernilai Rp 14 miliar dikantonginya.

Beri Komentar
Kenangan Reza Rahadian Makan Siang Terakhir dengan BJ Habibie