Hati-Hati, Ada Modus Penipuan Siber Berkedok Kirim Paket, Saldo Rekening Langsung Ludes

Reporter : Okti Nur Alifia
Senin, 5 Desember 2022 15:45
Hati-Hati, Ada Modus Penipuan Siber Berkedok Kirim Paket, Saldo Rekening Langsung Ludes
Nomor yang tak dikenal itu berpura-pura memberitahukan ada sebuah paket yang dikirimkan untuk nomor yang dituju melalui WhatsApp.

Dream - Modus kejahatan siber baru berkedok pengiriman paket hingga membuat saldo di rekening ludes sedang hangat diperbincangkan. Cerita ini barangkali dapat menjadi perhatian kita untuk berhati-hati.

Pemilik akun Instagram @evan_neri.tftt menunjukkan tangkapan layar penipuan yang dialami oleh seseorang. Nomor yang tak dikenal itu berpura-pura memberitahukan ada sebuah paket yang dikirimkan untuk nomor yang dituju melalui WhatsApp.

“ Pelaku pura2 dari jasa ekspedisi lalu mengirimkan file dgn ekstensi APK,” tulisnya.

" Selamat siang kak, benar dengan Salmah. Ada paket *&* express nama Salmah. Lihat foto paket (dengan file APK)," demikian bunyi penipuan ini.

1 dari 3 halaman

Jangan Unduh File

Jika korban tidak jeli, bisa saja terkecoh untuk mengklik dan mengunduh file APK itu. Dalam kasus tersebut, korban terlanjur mengunduh file dan tanpa diketahui, saldo rekeningnya ludes.

Instagram© Instagram @evan_neri.tftt

“ Korban mengaku tidak pernah menjalankan atau membuka aplikasi apapun dan mengisi user Id maupun password pada situs lain,” lanjutnya.

2 dari 3 halaman

Pengguna Instagram ini mengungkap, file yang dikirim oleh sang penipu, diduga adalah exploit yang berjalan di latar belakang untuk mengambil data korban, seperti aplikasi perbankan yang dibuka oleh korban lalu mengintip user ID dan password. Dalam dunia hacking, kegiatan itu disebut sniffing.

“ Dari beberapa korban yang DM saya, setelah klik unduh APK tersebut, tidak terjadi apa-apa dan juga tidak ada aplikasi baru yang muncul. Berselang beberapa jam tiba-tiba ada notif SMS bahwa ada saldo keluar. Adapula yang keesokan harinya baru mengetahui kalau saldo ludes,” ungkapnya.

Dia menambahkan, besar kemungkinan APK tersebut adalah berjenis  malware RAT (Remote Administrator Tool). Dengan cara kerjanya meremote handphone korban dari jarak jauh dan beroperasi di balik layar.

 

3 dari 3 halaman

Postingan ini lantas dipenuhi komentar netizen yang juga mengalami modus penipuan serupa.

“ Allaahu Akbar, baru sore td kejadian. 1,8jt ludess, anak perantauan uang segini buat bertahan idup. yaAllaah bisa²nya orng gk punya hati😢."

" Jikalau sudah terdownload/terinstal apk nya langsung saja matikan wifi atau data seluler, nyalakan airplane mode, hapus data apk nya, uninstall apk nya. Semoga membantu."

" aku juga jadi korbannya Ya Allah :( ilang duitku di rekening."

" 1 . yg biasa kurir asli lakukan kalo ngirim,,nelpon nanya lokasi pasti,,2 kalo udh kenal wlwpun ga ada kita di rumah dia cuma kirim foto paket di teras rumah,,gakan ngasih link,,oke,, pelajaran buat saya sendiri ☺️💪 kurir asli no kasih2 link ,,mudah2an kita semua di jauhkan dari segala macam kejahatan 😇."

" Kalo gk sengaja kepencet download apk nya lgsg segera matikan data/wifi habis itu lgsg pergi ke folder→android→data→folder virus yg mau di hapus (di lihat file dari tanggal/waktu yg terbaru/yg baru terinstal)."

Beri Komentar