Ibu Rumah Tangga Bisa Buka Usaha Mikro di Rumah untuk Perkuat Ekonomi Keluarga

Reporter :
Rabu, 14 Oktober 2020 19:11
Ibu Rumah Tangga Bisa Buka Usaha Mikro di Rumah untuk Perkuat Ekonomi Keluarga
Kamu mau?

Dream - Partisipasi perempuan dalam ekonomi dinilai dapat memacu produktivitas dan berkontribusi untuk pembangunan berkelanjutan.

Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Kemen PPPA) terus mendorong peran perempuan dalam perekonomian salah satunya dengan membuka jalan untuk perempuan menjadi pelaku UMKM.

Dalam memulai usaha mikro, perempuan memerlukan pengetahuan berbisnis seperti pengelolaan keuangan, pelayanan konsumen, dan pemasaran.

“ Partisipasi perempuan dalam ekonomi dapat memacu produktivitas dan berkontribusi pada pembangunan berkelanjutan. Oleh karena itu, Kemen PPPA terus mendukung partisipasi perempuan dalam sektor ekonomi melalui berbagai cara," ujar Indra Gunawan, Deputi Bidang Partisipasi Masyarakat, KemenPPPA, dalam webinar Danone-AQUA 'Pemberdayaan Perempuan Melalui Usaha Mikro dalam Mendukung Ekonomi Keluarga', Selasa, 13 Oktober 2020.

" Salah satunya dengan membuka jalan agar lebih banyak perempuan pelaku UMKM dan biasanya pelaku usaha mikro pada umumnya adalah perempuan,” tambahnya.

1 dari 5 halaman

AQUA Home Service (AHS)

Sejalan dengan agenda KemenPPPA untuk melibatkan lebih banyak perempuan di sektor ekonomi, Danone-AQUA memiliki program AQUA Home Service (AHS).

Program yang sudah ada sejak 2008 ini, hingga saat ini sudah memiliki lebih dari 8.000 anggota yang didominasi ibu rumah tangga dari berbagai provinsi di Jawa, Sumatra, Kalimantan, dan Bali.

Lewat program AHS, perempuan diberdaya melalui kelas, sesi berbagi, dan pelatihan.

webinar Danone-AQUA “ Pemberdayaan Perempuan Melalui Usaha Mikro Dalam Mendukung Ekonomi Keluarga”© webinar Danone-AQUA “Pemberdayaan Perempuan Melalui Usaha Mikro Dalam Mendukung Ekonomi Keluarga”

 

2 dari 5 halaman

Semoga terus berkembang

Danone© Danone

Dengan adanya ini, diharapkan para perempuan ini dapat langsung praktik menjadi duta kebaikan bagi lingkungan dan keluarga sekaligus mengambil peran distributor mikro produk AQUA yang dapat membantu perekonomian keluarga.

“ Program AHS adalah wujud komitmen Danone-AQUA untuk senantiasa menyajikan kebaikan alam dan kebaikan hidup kepada lebih banyak keluarga Indonesia," kata Ratih Retno, Emerging Channel Director Danone-AQUA.

" Semoga dengan sesi inspiratif ini, di mana kita dapat berbagi cerita usaha masing-masing, akan ada lebih banyak perempuan yang terinspirasi untuk lebih berdaya dan memperkuat ekonomi keluarga,” tambah Ratih.

KemenPPPA dan Danone-AQUA berharap program AHS dapat terus berkembang ke lebih banyak wilayah di Indonesia agar lebih banyak perempuan yang dapat menjalankan usaha mikro sekaligus memperkuat ekonomi keluarga.

 

Selalu ingat #PesanIbu untuk selalu mencuci tangan, memakai masker, dan menjaga jarak untuk pencegahan virus COVID19. Jika tidak, kamu akan kehilangan orang-orang tersayang dalam waktu dekat.

3 dari 5 halaman

Kedudukan Istimewa Perempuan Dalam Islam

Dream – Dalam Al-Quran telah banyak dijelaskan tentang kemuliaan seorang perempuan. Betapa istimewa kedudukannya didalam Islam. Bahkan sedari ia kecil hingga dewasa, perempuan telah memiliki peran penting dalam kehidupan.

Saat menjadi seorang ibu, ia juga akan sangat dimuliakan. Seperti sebuah hadist yang berbunyi, “  Dari Abu Hurairah ra beliau berkata, “ Seseorang datang kepada Rasulullah shalallahu ‘alaihi wasallam dan berkata, ‘Wahai Rasulullah, kepada siapakah aku harus berbakti pertama kali?’ Nabi shalallaahu ‘alaihi wasallam menjawab, ‘Ibumu!’ Dan orang tersebut kembali bertanya, ‘Kemudian siapa lagi?’ Nabi shalallaahu ‘alaihi wasallam menjawab, ‘Ibumu!’ Orang tersebut bertanya kembali, ‘Kemudian siapa lagi?’ Beliau menjawab, ‘Ibumu.’ Orang tersebut bertanya kembali, ‘Kemudian siapa lagi,’ Nabi shalallahu ‘alaihi wasallam menjawab, ‘Kemudian ayahmu.'” (HR. Bukhari dan Muslim).

Seorang perempuan memiliki kemuliaan yang tidak dimiliki seorang lelaki. Seperti mengandung, melahirkan, dan menyusui anaknya.

Namun, sebagai seorang istri, ia tetaplah harus selalu patuh terhadap suaminya. Selama apa yang diperintahkan adalah perbuatan yang baik dan benar.

4 dari 5 halaman

Keistimewaan Perempuan dalam Islam

Betapa banyak keistimewaan perempuan dalam Islam. Perempuan memiliki hak yang sama dengan laki-laki.

Seperti agamanya, kehormatannya, hingga jiwanya, selalu dilindungi oleh Islam sebagaimana laki-laki. Keistimewaan-keistimewaan tersebut yaitu:

Perempuan adalah pendamping laki-laki

Ilustrasi Berdoa© Ilustrasi Berdoa (Foto: Shutterstock.com)

Seorang perempuan saat menikah kodratnya adalah sebagai pendamping. Bukan bawahan atau pesuruh didalam rumah tangga. Bukan seseorang yang dapat diperlakukan semena-mena.

Allah SWT berfirman," Hai manusia, sesungguhnya Kami menciptakan kamu dari seorang laki-laki dan seorang perempuan dan menjadikan kamu berbangsa-bangsa dan bersuku-suku supaya kamu saling kenal-mengenal. Sesungguhnya orang yang paling mulia di antara kamu di sisi Allah ialah orang yang paling takwa di antara kamu. Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui lagi Maha Mengenal." (QS. Al-Hujarat: 13)

5 dari 5 halaman

Kedudukan yang tinggi saat menjadi seorang ibu


ibu© Pexels.com

Seorang ibu memiliki kedudukan yang tinggi dalam Islam. Dikatakan juga bahwa surga berada dibawah telapak kaki ibu. Membuktikan betapa mulia kedudukan seorang ibu. Bahkan berada tiga tingkat diatas ayah.

“ Dari Abu Hurairah ra beliau berkata, “ Seseorang datang kepada Rasulullah shalallahu ‘alaihi wasallam dan berkata, ‘Wahai Rasulullah, kepada siapakah aku harus berbakti pertama kali?’ Nabi shalallaahu ‘alaihi wasallam menjawab, ‘Ibumu!’ Dan orang tersebut kembali bertanya, ‘Kemudian siapa lagi?’ Nabi shalallaahu ‘alaihi wasallam menjawab, ‘Ibumu!’ Orang tersebut bertanya kembali, ‘Kemudian siapa lagi?’ Beliau menjawab, ‘Ibumu.’ Orang tersebut bertanya kembali, ‘Kemudian siapa lagi,’ Nabi shalallahu ‘alaihi wasallam menjawab, ‘Kemudian ayahmu.'” (HR. Bukhari dan Muslim).

Perempuan sholehah dapat masuk surga dari pintu manapun

Ilustrasi Berdoa© Ilustrasi Berdoa (Foto: Shutterstock.com)

Sebagai mana terdapat dalam hadits dari Abi Hurairah RA, berkata bahwa Rasulullah SAW bersabda, " apabila seorang wanita telah melaksanakan sholat lima waktunya, menjalankan puasa, menjaga kemaluannya, dan taat pada suaminya, maka dia akan masuk surga dari pintu manapun yang disukainya."

Betapa mulia seorang perempuan yang selalu menjaga diri dan imannya. Sehingga ia dapat memilih surga dari pintu mana saja yang diinginkan kelak.

 

Beri Komentar