Mau Jadi Pebisnis Muda? Ini Tips Bisnis Presiden Jokowi

Reporter : Arie Dwi Budiawati
Senin, 23 Mei 2016 19:07
Mau Jadi Pebisnis Muda? Ini Tips Bisnis Presiden Jokowi
Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta pengusaha muda tidak terlalu banyak teori.

Dream - Presiden Joko Widodo (Jokowi) berbagi tips untuk anak muda yang ingin merintis bisnis. Salah satunya adalah langsung melaksanakan bisnis itu.

" Kalau ingin jadi pengusaha, jangan mikir dulu, tapi terjuni dulu," kata Jokowi saat membuka Jambore Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Perguruan Tinggi se-ASEAN, di Telkom University Convention Center, Bandung, Senin 23 Mei 2016, dilansir dari situs Sekretariat Kabinet.

Eks gubernur DKI Jakarta ini pun meminta mereka untuk menyelesaikan masalah di lapangan apabila ada masalah yang menghambat bisnis mereka. Jika tidak segera diselesaikan, tentunya usaha mereka akan jatuh. Kalau sudah jatuh, Jokowi meminta pengusaha muda untuk bangkit dari kegagalannya.

" Kalau sudah jatuh, ya, bangkit lagi. Harus seperti itu," kata dia.

Selanjutnya, anak muda pun diminta untuk berani membuka diri terhadap dunia. Apabila bisa membuka diri, artinya mereka sudah siap untuk bersaing. Sikap kompetitif pun juga akan semakin terpupuk apabila mereka berani membuka diri.

" (Sikap) terbuka dan kompetisi akan memaksa kita untuk memperbaiki diri dan mengejar ketertinggalan kita dibandingkan dengan negara-negara yang lain," kata dia.

Tips selanjutnya adalah pengusaha muda fokus terhadap bisnis yang dirintisnya. Dengan memusatkan perhatian terhadap suatu usaha, suatu masalah dalam berbisnis akan tercapai.

" Dengan cara superfokus itu, masalah yang kita hadapi akan semakin kelihatan dan semakin gampang untuk kita atasi," kata dia.

Tips terakhir, Jokowi mengingatkan pengusaha muda untuk tidak buru-buru berpindah hati ke jenis usaha yang lain apabila suatu usaha yang dirintisnya gagal. Dia meminta mereka untuk menekuni bisnis mereka walaupun bisnis mereka mengalami kegagalan.

" Tekuni yang sudah kita tekuni itu. Biasanya kalau masih muda itu gagal di suatu tempat pindah lagi ke bidang yang lain. Bidang yang ini gagal, pindah lagi ke bidang yang lain. Artinya memulai terus dari awal, memulai terus dari nol," kata dia.

(Ism) 

Beri Komentar