Cerita Jokowi Alami `Rem Blong` Saat Merintis Bisnis

Reporter : Arie Dwi Budiawati
Senin, 23 Mei 2016 17:29
Cerita Jokowi Alami `Rem Blong` Saat Merintis Bisnis
Pengalaman itu diceritakan di hadapan pengusaha muda yang tergabung dalam Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI).

Dream - Pengusaha muda biasanya memiliki semangat yang besar dalam menggeluti usahanya. Namun, tak jarang mereka sering kehilangan kendali dalam usahanya.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) pun mengaku pernah merasakan hal yang serupa.

" Semangatnya semangat banget dan itu pernah saya alami. Saya pernah kehilangan rem tiga kali. Remnya blong," kata Jokowi saat membuka Jambore Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Perguruan Tinggi se-ASEAN, di Telkom University Convention Center, Bandung, Senin 23 Mei 2016, dilansir dari situs Sekretariat Kabinet.

Kehilangan kendali ini tak lantas membuat eks walikota Solo ini terpuruk dalam kegagalan. Dia pun berusaha bangkit dan berhasil.

" Tapi, bisa bangkit lagi, bangkit lagi," kata dia.

Jokowi mengatakan jumlah anak muda Indonesia yang menjadi pengusaha baru sebesar 1,6 persen. Padahal, di negara lain di ASEAN, jumlah pengusaha mudanya sudah lebih dari 4 persen.

" Minimnya angka ini (karena) ketakutan kita bersaing, ketakutan kita berkompetisi," kata dia.

Presiden juga berpesan agar anak muda tak terlalu banyak berpikir saat memutuskan terjun menjadi pengusaha. Jika Ada persoalan di lapangan, mereka juga harus bergerak cepat menyelesaikan jika tak mau usahnya jatuh. " Kalau sudah jatuh ya bangkit lagi, harus seperti itu," ujarnya.

Beri Komentar