Jadi Millenial Keren, Jangan Lupa Tetap Bewakaf Ya!

Reporter : Dwi Ratih
Selasa, 4 Februari 2020 12:12
Jadi Millenial Keren, Jangan Lupa Tetap Bewakaf Ya!
"Sesungguhnya pemboros-pemboros itu adalah saudara-saudara setan dan setan itu adalah sangat ingkar kepada Tuhannya," (Al Isra: 27).

Dream - Jelas sekali kalau kita cermati dan pahami bagaimana Allah memerintah manusia untuk menggunakan hartanya sebaik mungkin. Manusia yang menghambur-hamburkan hartanya (boros) disamakan dengan saudara setan.

Ayat ini jadi salah satu pedoman yang mengajarkan bahwa manusia perlu untuk menyisihkan hartanya untuk kehidupan di masa mendatang. Salah satu caranya bisa dilakukan dengan menabung.

 ilustrasi uang© Khidr Al-Zahrani

Selanjutnya, bagaimanakah menabung yang sesuai syariat Islam?

Menabung dalam konteks Islam tidak hanya memberikan manfaat bagi pemilik dana (penabung) saja tetapi diharapkan dalam memberikan kemaslahatan orang banyak.

Apabila kita menabung secara konvensional yaitu dengan menyimpan uang di rumah, maka hanya si pemilik dana saja yang bisa menggunakannya.

1 dari 4 halaman

Apa itu wakaf?

 ilustrasi tabungan © shutterstock

Wakaf adalah perbuatan hukum wakif (orang yang berwakaf) untuk memisahkan dan/atau menyerahkan sebagian harta benda miliknya untuk dimanfaatkan selamanya atau untuk jangka waktu tertentu sesuai dengan kepentingannya guna keperluan ibadah dan/atau kesejahteraan umum sesuai syariah.

Adalah Khalifah Utsman bin Affan yang pertama kali melakukan perbuatan wakaf. Saat kaum muslim berhijrah ke Madinah, mereka mengalami kehausan.

Sayyidina Ustman bin Affan mewakafkan sebuah sumur agar dapat diambil airnya dan digunakan oleh banyak orang. Sumur itu pun sampai sekarang masih mengalir.

2 dari 4 halaman

Tabungan wakaf

Dalam usahanya menciptakan suatu produk perbankan yang dapat memberikan manfaat untuk banyak orang, Bank CIMB Niaga Syariah meluncurkan produk tabungan IB Mapan Wakaf CIMB Niaga.

 CIMB Niaga Syariah© CIMB Niaga Syariah

Produk tabungan ini cocok buat milenial karena proses yang mudah, tabungan ini juga memberikan keuntungan lain berupa sertifikat wakaf, asuransi jiwa dan rawat inap, serta Poin Xtra.

Buruan segera buka tabungan wakaf di CIMB Niaga Syariah dengan mengetahui informasi selengkapnya di sini.

Berwakaf selagi muda melalui CIMB Niaga Syariah, salah satu bagian dari sedekah yang akan terus mengalir hingga hari kiamat bagi pewakaf maupun penerima wakaf.

Yuk, persiapkan masa muda dengan dimulai dengan berwakaf.

3 dari 4 halaman

Indonesia Punya Potensi Wakaf Uang Rp77 T, Baru Terhimpun Rp225 M

Dream - Komisioner Badan Wakaf Indonesia (BWI), Iwan Agustiawan Fuad, mengatakan Indonesia memiliki potensi wakaf uang yang sangat besar namun sayang tak banyak digali.

Pengumpulan wakaf saat ini masih sangat kecil dibandingkan potensi yang dimilikinya. 

Mengutip data Bank Indonesia, Iwan mengatakan potensi wakaf uang di Indonesia bisa mencapai Rp77 triliun. Tetapi yang bisa dikumpulkan masih sekitar Rp200 miliar.

" Untuk pengumpulan wakaf uang tahun 2018 itu baru Rp225 miliar," ujar Iwan di kantor BWI, Kompleks TMII, Jakarta, Rabu 13 November 2019.

 

4 dari 4 halaman

Aset itu senilai Rp2 T

Selain potensi wakaf uang, BWI saat ini mengelola wakaf aset berupa tanah seluas 4 miliar meter persegi. Lokasinya tersebar di seluruh Indonesia.

" Aset tersebut kalau dinominalkan sebesar Rp2.005 triliun," kata dia.

Wakaf aset terbesar berada di wilayah Jawa dan Kalimantan. Sementara nilai aset wakaf yang paling tinggi berada di Jakarta.

Ke depan, dia berharap tanah aset dengan luas 4 miliar meter persegi itu dapat menciptakan nilai manfaat yang lebih ketika di atasnya didirikan bangunan komersil.

" Ini perlu dikembangkan ke arah strategis, kalau luar negeri kan tanah wakaf dijadikan mall, office, atau town hall," ujar dia.

Beri Komentar
Wajah Tegar BCL Saat Antarkan Jenazah Ashraf Sinclair