Jeff Bezos Mundur dari CEO Amazon Saat Lagi Bersinar, Ini Penggantinya

Reporter : Arie Dwi Budiawati
Rabu, 3 Februari 2021 17:45
Jeff Bezos Mundur dari CEO Amazon Saat Lagi Bersinar, Ini Penggantinya
Mengapa Jeff Bezos memilih mundur padahal Amazon sedang bersinar.

Dream – Miliarder pendiri Amazon, Jeff Bezos, mengundurkan diri dari perusahaannya tahun ini. Sepeninggalnya dari Amazon, salah satu orang terkaya dunia ini akan fokus kepada produk-produk baru dan lebih banyak menghabiskan waktu untuk proyek sampingannya, Blue Origin.

Dikutip dari Livemint, Rabu 3 Februari 2021, Bezos juga akan fokus kepada yayasan lembaga amal yang didirikan dan media The Washington Post. Dia juga tetap memiliki pengaruh yang besar terhadap Amazon.

Kabar ini tentu mengejutkan. Apalagi di tengah kondisi Amazon tengah menjadi salah satu perusahaan yang bersinar di tengah pandemi COVID-19. Tiga bulan terakhir, penjualan Amazon mencetak rekor US$100 miliar (Rp1.400,51 triliun) untuk pertama kalinya, dilansir dari The Guardian.

Sekadar informasi, Bezos mendirikan Amazon pada 1994 dan kini perusahaannya menjadi salah satu yang terbesar di dunia. Alhasil kekayaan orang itu menjadi US$185 miliar (Rp2.590,94 triliun).

1 dari 2 halaman

Saat yang Tepat

Semula, Amazon adalah toko buku online yang kini menjelma memiliki banyak bisnis seperti komputasi, groceries, elektronik, dan hiburan. Jumlah karyawannya lebih dari 1,1 juta orang.

Bezos mengatakan Amazon menjadi seperti ini karena inovasi-inovasi bisnisnya. Dikatakan bahwa inovasi-inovasi bisnis akan menjadi penemuan yang mengejutkan jika dilakukan dengan orang.

Kini, Amazon menjadi besar berkat hasil jangka panjang inovasi-inovasi bisnis.

“ Saat ini, saya melihat Amazon dalam kondisi paling baik, menjadikannya sebagai waktu optimal untuk transisi,” kata dia.

2 dari 2 halaman

Siapa Penggantinya?

Setelah mundur dari perusahaan, Bezos akan digantikan oleh Andy Jassy. Jassy adalah CEO Amazn Web Services (AWS)—anak usaha yang bergerak di bidang komputasi cloud untuk bisnis.

Pria berusia 52 tahun ini digadang-gadang sebagai pengganti Bezos di pucuk pimpinan Amazon. Jassy bersaing dengan Jeff Wilke untuk mendapatkan kursi kepimpinan.

Sekadar informasi, AWS menyediakan komputasi cloud dan penyimpanan untuk pemerintah dan korporasi, seperti McDonald’s dan Netflix. Perusahaan ini menyumbang 10 persen dari penjualan kepada perusahaan pada kuartal IV 2020. Tak hanya itu, AWS juga menyumbang 52 persen terhadap total laba Amazon. Penjualan AWS pada 2020 mencapai US$125,56 miliar (Rp1.758,48 triliun).

Beri Komentar