Asyik! Jabar Bakal Punya 4 Rute Baru Kereta, Salah satu ke Pangandaran

Reporter : Arie Dwi Budiawati
Kamis, 13 September 2018 15:15
Asyik! Jabar Bakal Punya 4 Rute Baru Kereta, Salah satu ke Pangandaran
Dengan begitu, kamu bisa pergi ke Pangandaran naik kereta api.

Dream – PT Kereta Api Indonesia (Persero) akan membangun empat jalur baru kereta api di darerah Jawa Barat. Rute-rute ini akan mengarah ke Pangandaran, Ciwidey, Garut, dan Sumedang.

Dengan jalur kereta ini, para pelancong bisa berwisata ke destinasi seperti Kawah Putih dan Pangandaran dengan kereta api.

Kabar rencana pembangunan ini disampaikan langsung Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil.

“ Siap-siap ke Pangandaran, Kawah Putih, dan Jatinangor naik kereta api,” tulis pria yang akrab dipanggil Kang Emil di akun Instagramnya, @ridwankamil, dikutip Dream, Kamis 13 September 2018.

Menurut Kang Emil, pertemuan untuk menghidupkan kembali rute kereta api di Jabar sudah dibahas bersama operator kereta api di Indonesia itu.

Empat rute baru yang dimaksud adalah Jakarta-Bandung-Pangandaran, Bandung-Ciwidey, Bekasi-Bandung-Garut, dan Bandung-Rancaekek, Jatinangor-Tanjung Sari-Sumedang.

1 dari 2 halaman

Ingin Seperti Eropa

Kang Emil berharap moda transportasi baru ini bisa membuat Jabar seperti Eropa. Dia ingin kawasan pasundan memiliki transportasi yang sebagian besarnya berbasis kereta api.

“Jawa Barat harus seperti Eropa di mana urat nadi ekonomi dan transportasinya mayoritas berbasis kereta api,” tulis dia.

Jika tak ada halangan, mantan walikota Bandung ini menargetkan jalur Bandung-Garut bisa selesai tahun depan jika tak ada kendala. “Doakan lancar,” tulis dia.

 

      View this post on Instagram

SIAP-SIAP KE PANGANDARAN, KAWAH PUTIH & JATINANGOR NAIK KERETA API. Rapat kerja dengan direksi PT KAI @kai121_ , membahas akselerasi 4 jalur baru rel kereta api untuk jawa Barat: 1. Jakarta-Bandung-Pangandaran, 2. Bandung Ciwidey, 3. Bekasi-Bandung-Garut, 4. Bandung-Rancaekek-Jati Nangor-Tanjung Sari Sumedang. Jawa Barat harus seperti Eropa dimana urat nadi ekonomi dan transportasinya mayoritas berbasis kereta api. Tahun depan jalur Bandung-Garut jika tidak ada kendala bisa selesai. Doakan lancar. #JABARJUARA. foto: berbagai sumber

A post shared by Ridwan Kamil (@ridwankamil) on

2 dari 2 halaman

Warganet Senang

Rencana ini membuat warganet senang. Mereka beralasan bisa lebih cepat jika ingin ke daerah-daera seperti Ciwidey dan Jatinangor.

Ya Allah, bakalan ada kereta ke Nangor (Jatinagor) sama Ciwidey. Seneng, ih, gampang akses kalau mau main,” tulis @hnnhnfh.

Mantap Pak. Jadi, lebih cepat saat mau pulang ke Ciwidey,” tulis @rikirenaldi.

Semoga kayak di Jepang juga, ya, kang @ridwankamil. Semua kota sekitar terhubung. Bandung, Lembang, Cimahi, Soreang, Padalarang, Cicalengka, dan lain-lain,” tulis @samsul.anwar_23.

Ada juga warganet yang berharap nantinya sektor pariwisata di Jawa Barat bisa meningkat dengan adanya jalur kereta api.

Mantap, semoga secepatnya jalur kereta Pangandaran segera diaktifkan kembali Pak untuk mendongkrak pariwisata bahari di Jawa Barat tercinta,” tulis @aldiprimalda.

Beri Komentar
Tutorial Ikuti Audisi LIDA 2020 Indosiar di KapanLagi Lewat Handphone