Penampakan Logo Baru Kementerian BUMN, Ini Maknanya

Reporter : Arie Dwi Budiawati
Kamis, 2 Juli 2020 16:36
Penampakan Logo Baru Kementerian BUMN, Ini Maknanya
Logo baru Kementerian BUMN itu sudah terpasnag di kantor yang berpusat di Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta.

Dream – Kementerian BUMN merilis logo baru yang sudah terlihat terpasang di gedung di Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta sejak 1 Juli 2020. Menteri BUMN, Erick Thohir, berharap logo baru BUMN bisa terus adaptif terhadap perubahan suasana zaman.

Jika zaman berubah, namun tetap ada karakter yang bertahan, yaitu jati diri dan budaya bangsa.

“ Logo ini mencerminkan bagaimana kita tetap tidak melupakan jati diri dan budaya kita sebagai bangsa yang besar dan kuat,” kata Erick dikutip dari akun Kementerian BUMN @kementerianbumn, Kamis 2 Juli 2020.

Jati diri dan budaya itu menjadi ciri dari lambang Garuda. Jati diri itu dibalut dengan nuansa inovasi sebagai bagian dari warna zaman saat ini.

“ Pun halnya simbol kolaborasi yang menjadi kekuatan bangsa ini yang tertuang dalam budaya gotong-royong,” kata dia.

1 dari 3 halaman

Empat Unsur

Logo Kementerian BUMN terdiri atas empat unsur utama. Rinciannya, Garuda Indonesia, semangat kolaborasi, BUMN, dan inovasi teknologi.

Garuda Pancasila sebagai Dasar Negara Republik Indonesia. Semangat kolaborasi merupakan implementasi dari nilai luhur kegotongroyongan bangsa Indonesia.

Warna BUMN sebagai identitas instansi juga tertera dalam logo baru. Simbol inovasi teknologi ditampilkan sebagai perlambang arah dan fokus BUMN menghadapi suasana zaman.

2 dari 3 halaman

Reaksi Warganet

Warganet mengapresiasi logo anyar Kementerian BUMN. Mereka berharap perusahaan pelat merah bisa menjadi lebih baik dan bisa memperbaiki ekonomi negara.

“ Saya berharap BUMN bisa menjadi lebih baik sebagai mestinya sesuai dengan harapan dan doa dan mampu memperbaiki ekonomi negara melalui BUMN dikelola dengan baik. Amin,” tulis @hidasyrif.

“ Keren juga logo barunya,” tulis @muhamad.darmawan.

“ Semoga dengan logo baru, Kementerian BUMN semakin maju dan lebih terpacu semangatnya dalam menjalankan proses usaha tiap perusahaan yang dimiliki Kementerian BUMN sendiri,” tulis @bimaanis.

3 dari 3 halaman

Foto-fotonya

      View this post on Instagram

#SobatBUMN, 1 Juli 2020 menjadi tanggal bersejarah bagi Kementerian BUMN. Pada tanggal 1 Juli ini dilakukan peluncuran logo baru. Logo baru tersebut sekaligus menjadi simbolisasi dari visi dan misi Kementerian BUMN maupun seluruh BUMN dalam menatap era kekinian yang penuh tantangan sekaligus kesempatan. Peluncuran logo Kementerian BUMN disaksikan langsung oleh Menteri BUMN, Erick Thohir, Wakil Menteri BUMN I Budi Gunadi Sadikin, Wakil Menteri BUMN II, Kartika Wirjoatmodjo, dan Sekretaris Kementerian BUMN Susyanto. Acara peluncuran yang juga turut dihadiri 14 Direktur BUMN itu ditandai dengan penurunan kain yang menutupi logo baru Kementerian BUMN. Bersamaan dengan simbolisasi itu BUMN langsung menampilkan logo baru di seluruh kanal media sosial dan portal publik resmi Kementerian BUMN. Dalam sambutannya, Menteri BUMN Erick Thohir mengatakan makna dari perubahan logo ini dimaksudkan agar BUMN terus adaptif dengan perubahan suasana zaman. Sekalipun zaman berubah, namun tetap ada karakter yang bertahan, yakni jati diri dan budaya bangsa. " Logo ini mencerminkan bagaimana kita tetap tidak melupakan jati diri dan budaya kita sebagai bangsa yang besar dan kuat. Hal itu menjadi ciri dari lambang Garuda. Jati diri itu menjadi dibalut dengan nuansa inovasi sebagai bagian dari warna zaman saat ini. Pun halnya simbol kolaborasi yang menjadi kekuatan bangsa ini yang tertuang dalam budaya gotong royong," ujar Erick. Seperti dijelaskan Erick, logo Kementerian BUMN kali ini terdiri atas empat unsur utama, yakni Garuda Pancasila, semangat kolaborasi, BUMN, dan inovasi teknologi. Garuda Pancasila sebagai Dasar Negara Republik Indonesia. Sedangkan semangat kolaborasi merupakan implementasi dari nilai luhur kegotongroyongan bangsa Indonesia. Warna BUMN sebagai identitas instansi juga tertera dalam logo baru. Simbol inovasi teknologi ditampilkan sebagai perlambang arah dan fokus BUMN menghadapi suasana zaman (1/2) #BUMNuntukIndonesia

A post shared by Akun resmi Kementerian BUMN RI (@kementerianbumn) on

Beri Komentar