Upaya Tingkatkan Daya Saing UMKM Lewat Digitalisasi

Reporter : Dinda Permata Sari
Kamis, 6 April 2023 10:35
Upaya Tingkatkan Daya Saing UMKM Lewat Digitalisasi
Kemkominfo targetkan 20 ribu pelaku usaha mengikuti pelatihan UMKM Level Up selama 6 bulan.

Dream – Digitalisasi UMKM seolah tidak bisa dihindari lagi. Untuk meningkatkan daya saing, pemerintah terus menggalakkan program UMKM Level Up.

Namun harus diakui bahwa kemampuan UMKM untuk proses digitalisasi ini tidaklah sama. Pemerintah mengelompokkan mereka menjadi empat tingkatan.

“ Jadi kami ada 4 level, mulai dari beginner, observer, adopter, terakhir leader,” kata Ketua Tim Adopsi Teknologi Digital UMKM Kemkominfo, Puti Adela Elvina, dalam talkshow di Dream Day Ramadan Fest 2023 di Hall A JCC, Rabu 5 April 2023.

Karena itu, tambah Puti, pendampingan ini dilakukan dengan tujuan menaikkan tingkatan kelas UMKM agar tidak stagnan di kelas tersebut. Karena literasi digital yang tidak merata, maka diperlukan penyesuaian di tiap pelatihan oleh fasilitatornya.

“ Kadangkala UMKM yang produsen ini umurnya beda dengan yang reseller, dari data yang kami dapat umurnya itu diatas 40-50 tahun ke atas, oleh karena itu kami menyesuaikan dengan level tiap UMKM, kami minta fasilitator tadi lalu disesuaikan modulnya, jadi gak sama rata semua,” tuturnya.

1 dari 2 halaman

Kemkominfo Tingkatkan Digitalisasi Perdagangan Lokal dengan UMKM Level Up

Pendampingan terhadap UMKM dilakukan secara online melalui berbagai platform ataupun offline dengan cara mendatangi langsung lokasi.

Pelatihan akan ini menargetkan total 20 ribu UMKM dan akan dilakukan selama 6 bulan. Dalam pelatihan ini UMKM akan diajari cara memaksimalkan menggunakan fitur di e-commerce.

Diantaranya seperti bagaimana cara foto produk, cara deskripsi produk, menggunakan big data analytic bahkan cara menggunakan chatbot agar mereka tidak perlu membalas pesan satu persatu.

2 dari 2 halaman

Kemkominfo Tingkatkan Digitalisasi Perdagangan Lokal dengan UMKM Level Up

Jika awalnya hanya terkait digital, namun lama kelamaan UMKM juga bertanya mengenai bisnis. Karena itu, untuk memaksimalkan pelatihan saat ini fasilitator diharuskan memiliki dua kompetensi yaitu di bidang digital dan juga bisnis.

Adapun program ini dilakukan di 15 wilayah penugasan, yaitu DKI Jakarta, Banten, Sumatera Utara, Bangka Belitung, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Yogyakarta, NTB, NTT, Sulawesi Tenggara, Maluku Utara, Kalimantan Barat, Papua dan Papua Barat. (x)

Beri Komentar