Kiblat Bisnis Syariah, Pengamat: Indonesia Ini Negara Gelo

Reporter : Ismoko Widjaya
Senin, 19 Oktober 2015 14:14
Kiblat Bisnis Syariah, Pengamat: Indonesia Ini Negara Gelo
"Di Arab tidak ada karaoke syariah, tapi di kita ada. Baju renang muslimah pun di sini ada karena kolam renangnya masih campur,"

Dream - Indonesia merupakan negara yang sangat unik. Bagaimana tidak? Indonesia memiliki tingkat konsumsi masyarakat yang tinggi. Selain itu, Indonesia memiliki produsen di sektor kreatif yang juga sangat banyak.

" Indonesia ini negara gelo, mau rupiah kayak apa, motor tetap dibeli, tetap nonton bioskop. Dan kita punya creative supply," ujar Pengamat Ekonomi Syariah Adiwarman Karim di Jakarta, Senin, 19 Oktober 2015.

Menurut Adiwarman, pasokan kreatifitas (creative supply) inilah yang menjadi kekuatan untuk menjadikan Indonesia sebagai kiblat dunia di 4 sektor syariah.

Pertama, lanjut Adiwarman, Indonesia merupakan kiblat dunia untuk Islamic Fashion. " Di mana negara yang punya buku '66 Cara Pakai Jilbab', cuma di Indonesia. Di Arab tidak ada, mereka hanya pakai Abaya, hitam dari atas sampai bawah," ujarnya.

Kemudian, lanjut Adiwarman, Indonesia merupakan kiblat dunia di sektor makanan halal (Islamic Food) dan hiburan islami (Islamic Entertainment).

" Di Arab tidak ada karaoke syariah, tapi di kita ada. Baju renang muslimah pun di sini ada karena kolam renangnya masih campur, di Arab kan tidak terpikir baju renang ini karena kolamnya terpisah. Jadi Indonesia ini memang very unique country," tegasnya.

Begitupun untuk sektor Islamic Finance untuk retail. Saat ini, menurut Adiwarman, nasabah syariah retail sebanyak 38,1 juta orang.

" Jumlah ini kalau dibandingkan dengan negara Malaysia digabungkan dengan Qatar, dan lain-lain, masih kalah mereka, tapi ini kan kecil-kecil," pungkasnya. (Ism) 

Beri Komentar