Kini, Keputusan Finansial Ditentukan Rekomendasi Dunia Maya

Reporter : Ramdania
Sabtu, 19 Desember 2015 15:32
Kini, Keputusan Finansial Ditentukan Rekomendasi Dunia Maya
Rekomendasi dari pengalaman pribadi atau orang terdekat tidak lagi menjadi penentu keputusan finansial seseorang. Pasalnya, begitu banyak rekomendasi yang bisa didapat melalui internet.

Dream - Di masa lalu ketika orang tidak memiliki akses komunitas online, apa pun yang menyangkut finansial, seperti membeli properti dan investasi, selalu dibahas dengan keluarga, teman dan rekan kerja. Tak jarang juga meminta rekomendasi bank. Umpan balik yang terbatas itu menjadi satu-satunya petunjuk untuk membuat sebuah keputusan finansial.

Sebaliknya, di masa kini, Anda memiliki lebih banyak sumber daya yang dapat membantu Anda dalam membuat keputusan finansial. Bahkan, jumlah informasi yang tersedia secara online lebih banyak daripada pengetahuan individu yang Anda kenal secara pribadi.

Tanpa memandang rendah kontribusi teman, keluarga atau rekan kerja dalam memberikan saran, berikut adalah beberapa alasan mengapa Anda harus mencari informasi yang lebih luas dari sekadar bertanya kepada mereka. Terutama ketika Anda berbicara masalah uang.

Seperti dikutip dari Gulf News, Sabtu, 19 Desember, berikut beberapa alasan sebaiknya mencari banyak rekomendasi selain orang-orang terdekat.

1. Pengalaman dan Ulasan yang Bervariasi

Membaca pengalaman dan ulasan orang lain tentang masalah finansial merupakan ide yang bagus karena Anda bisa mendapat banyak masukan yang beragam. Seorang rekan kerja punya pengalaman yang bagus dengan bank atau asuransi. Mungkin karena dia tidak pernah punya masalah selama ini, seperti terlambat membayar atau mengajukan klaim.

Jadi, pengalamannya yang baik-baik saja itu menjadi informasi yang kurang berharga. Jika serius mencari tahu tentang perusahaan asuransi potensial, Anda seharusnya melakukan pencarian online sehingga mendapat banyak sumber dengan berbagai pengalaman berbeda.

Anda bisa melihat bagaimana perusahaan asuransi merespon masalah-masalah yang sulit yang diajukan klien. Dengan menggunakan informasi ini Anda dapat membuat perbandingan dengan apa yang Anda cari.

2. Tidak Memiliki Keinginan yang Sama

Tidak semua orang yang Anda kenal memiliki harapan dan kondisi yang sama. Sebagai contoh, jika Anda meminta teman untuk merekomendasikan penasihat keuangan, dia mungkin berbicara tentang penasihat keuangan yang bagus menurut skenario finansialnya. Jika akhirnya bekerja dengan penasihat keuangan hasil rekomendasi tadi, tidak dijamin hasilnya akan sama. Kecuali jika Anda yakin bahwa situasi finansial Anda sama dengan teman tadi.

Demikian juga, orang mungkin memiliki prioritas yang berbeda, seperti mencari layanan yang harganya murah, lebih mementingkan pada pelayanan, kecepatan layanan, dan sebagainya. Orang yang sensitif terhadap harga mungkin senang ke bank dengan tingkat bunga yang rendah, tidak ada biaya tahunan, dan tidak ada biaya ATM.

Namun, bukan berarti bahwa bank yang sama ini akan menawarkan Anda kredit atau produk manajemen kekayaan yang terbaik. Selain itu, jika Anda lebih berorientasi pada layanan, Anda mungkin membayar biaya yang tidak murah untuk mendapatkan layanan yang Anda cari.

Singkatnya, selalu membandingkan apel dengan apel dan melihat aspek yang berbeda dari setiap situasi. Jika tidak, Anda hanya membeli berdasarkan kriteria orang lain.

3. Tidak Semua Rekomendasi Diikuti

Jika bertemu jenis orang yang sok tahu segalanya, Anda mungkin akan mendapatkan umpan balik yang isinya omong kosong semua. Orang itu memiliki pengalaman terbatas, namun masih merekomendasikan sesuatu yang didasarkan pada asumsi.

Dalam hal ini, Anda punya kesempatan besar untuk melakukan pencarian Anda sendiri dan membuat keputusan yang sesuai. Jika Anda melakukan pembelian besar - katakanlah rumah - tanpa mendapat informasi yang benar, Anda mungkin mempertaruhkan investasi Anda.

Jika Anda bertemu seseorang yang hanya setuju dengan Anda tanpa menambahkan pengalaman mereka sendiri, periksa lagi rekomendasi mereka. Banyaklah membaca ulasan orang lain secara online, bertanya kepada orang di internet dan periksa apakah ada tanda-tanda peringatan dari mereka. Jangan hanya mendasarkan keputusan finansial besar pada rekomendasi seseorang dari sudut pandang Anda.

Beri Komentar