Sudah Saatnya Belajar Dasar-dasar Keuangan

Reporter : Ramdania
Jumat, 11 Desember 2015 10:14
Sudah Saatnya Belajar Dasar-dasar Keuangan
Jangan gunakan kartu kredit jika tidak memberikan keuntungan.

Dream - Memahami dan menerapkan dasar-dasar keuangan memungkinkan Anda untuk menjadi orang yang memiliki kebebasan finansial.

Sebaliknya, tidak memiliki pemahaman tentang dasar-dasar keuangan bisa membuat Anda terbelenggu masalah keuangan selamanya.

Seperti dikutip dari Gulf News, Jumat, 11 Desember 2015, agar kehidupan keuangan tetap sehat, Anda perlu mempelajari 8 dasar-dasar keuangan penting berikut ini:

8. Kartu Kredit

Sekarang ini sangat penting untuk memahami dasar-dasar kartu kredit. Kartu kredit bisa menjadi aset atau utang tergantung pada bagaimana Anda menggunakannya. Belajarlah dasar-dasar cara kerja kartu kredit dan bagaimana Anda dapat menggunakannya untuk keuntungan Anda.

Jangan menggunakan kartu kredit ketika tidak membawa keuntungan bagi Anda. Ini adalah salah satu pelajaran keuangan yang paling penting yang dapat perlu dikuasai untuk memastikan keuangan Anda tetap pada jalurnya.

7. Bunga Majemuk (Compound Interest)

Untuk memahami potensi dan kekuatan penuh dari investasi, Anda perlu memahami bagaimana cara kerja bunga majemuk dan apa yang dapat dilakukannya dari waktu ke waktu. Simpan US$ 150 per bulan (kira-kira US$ 5 per hari) tanpa bunga majemuk, dan dalam 30 tahun Anda akan memiliki US$ 54.000.

Simpan dalam jumlah yang sama dengan bunga majemuk 5 persen dan Anda akan memiliki hampir US$ 125.000 dalam waktu yang sama. Setelah memahami dasar-dasar bunga majemuk dan bagaimana waktu bekerja, Anda melihat bagaimana tabungan kecil menjadi tabungan masa pensiun Anda.

6. Risiko

Berbicara masalah menumbuhkan uang yang Anda miliki, akan selalu ada resiko yang terlibat. Memahami risiko merupakan bagian dari investasi, dan Anda dapat meningkatkan kekayaan dengan mengambil risiko yang telah diperhitungkan dalam kehidupan bisnis Anda. Pada saat yang sama, terlalu mengambil risiko yang merugikan atau risiko besar dengan harapan bisa cepat kaya justru akan membahayakan posisi Anda.

5. Kendaraan Pensiun

Pastikan Anda merencanakan masa depan dan mengumpulkan uang secara teratur. Membangun kekayaan dengan menabung adalah bagian penting dari dasar-dasar keuangan.

4. Properti dan Kredit Rumah

Sangat penting untuk memahami dasar-dasar properti dan kredit rumah. Sangat penting untuk diingat bahwa harga rumah tidak selalu naik. Anda juga perlu memastikan bahwa cicilan kredit rumah tidak hanya terjangkau secara bulanan, tetapi juga terjangkau selama pinjaman berlangsung.

3. Depresiasi Aset

Tidak semua yang Anda beli adalah investasi, dan itu penting untuk memahami perbedaan antara aset bernilai dan aset terdepresiasi. Mobil nilainya akan turun dari waktu ke waktu. Hal itu tidak berarti bahwa mobil adalah pembelian yang buruk. Namun, bukan berarti Anda harus membeli mobil dengan harga selangit. Anda hanya membeli yang sesuai dengan kebutuhan saja.

2. Dana Darurat

Jalan hidup ini akan selalu naik turun dan tak terduga, meski sudah memiliki rencana terbaik. Mampu menyadari bahwa hal itu mungkin terjadi dan selalu siap dengan dana darurat merupakan bagian penting dari dasar-dasar keuangan.

1. Anggaran

Tidak ada sesuatu yang lebih penting daripada mengetahui di mana uang yang Anda peroleh akan dibelanjakan. Anggaran tidak hanya sekedar mencatat apa yang diperoleh dan ke mana akan menghabiskan uang.

Anggaran adalah Anda memahami ke mana menghabiskan uang dan memastikan bahwa pengeluaran tidak boleh lebih besar daripada pendapatan. (ism)

Beri Komentar