Kopi Arabica PTPN XII Tembus Pasar AS dan Arab Saudi

Reporter : Arie Dwi Budiawati
Rabu, 17 Juli 2019 14:36
Kopi Arabica PTPN XII Tembus Pasar AS dan Arab Saudi
Pasar asing tertarik dengan kopi arabica karena ini.

Dream – Menteri BUMN, Rini Soemarno mendorong PT Perkebunan Nusantara XII (PTPN XII) untuk menggenjot produksi kopi arabica. Alasannya, pasar luar negeri melirik kopi ini.

“ Ini yang saya tekankan ke PTPN XII bisa mengonsentrasikan tanaman kopi ini,” kata Rini setelah mengunjungi perkebunan kopi Kalisat Jampit milik PTPN XII di Banyuwangi, Jawa Timur, dikutip dari keterangan tertulis yang diterima Dream, Rabu 17 Juli 2019

Dia mengatakan kualitas kopi produksi perusahaan pelat merah ini sangat bagus. Sayangnya, kopi arabica belum menjadi fokus bisnis perseroan.

 Menteri BUMN, Rini Soemarno, mengunjuni perkebunan kopi Kalisat Jampit milik PTPN XII (1) .

“ Harganya jauh lebih bagus dibandingkan produksi kopi di PTPN yang lain,” kata mantan menteri perindustrian dan perdagangan itu.

Rini mengatakan proses pemupukan tanaman kopi harus dijaga dengan baik. Ini akan membuat produksi kopi arabica semakin meningkat dan bisa diekspor ke pasar luar negeri.

Saat ini, kopi arabica sudah diminati pasar Amerika Serikat, Eropa, dan Arab Saudi.

1 dari 6 halaman

Minta Fokus Produksi Kopi

Rini meminta manajemen PTPN XII untuk memfokuskan produksi kopi dan meningkatkan kualitasnya. Dengan cara ini, kopi asal Indonesia bisa menjadi primadona di pasar internasional.

 

 Menteri BUMN, Rini Soemarno, mengunjuni perkebunan kopi Kalisat Jampit milik PTPN XII (2) .

Selain itu, dia juga mendorong manajemen turut mensejahterakan para petani kopi. Para petani kopi memiliki kemampuan untuk memilih bijih kopi dengan kualitas terbaik.

“ Itu satu hal yang harus dihargai. Karena memilih kopi yang tepat menjadikan harga yang kompetitif,” kata dia.

2 dari 6 halaman

Produksi 1.000 Ton Kopi Arabica Per Tahun

Sekadar informasi, Kebun Kalisat Jampit ini mampu memproduksi 1.000 ton Kopi Arabika per tahun. Kopi arabica diproduksi dengan pengelolaan budidaya dan diolah secara wash & wet process serta jaminan kualitas Utz Certified. Cara itu menjadikan java coffee sebagai specialty arabica coffee.

Kopi ini terdaftar di Amerika sebagai Java Coffee Jampit, Java Coffee Blawan, Java Coffee Kayumas, dan Java Coffee Pancoer.

Tak hanya itu, Kebun Kalisat Jampit juga sedang disiapkan untuk menjadi salah satu tempat pengembangan sapi perah dan pakan ternak PTPN XII. Pengembangan ini merupakan batu loncatan untuk masuk bisnis turunan lainnya seperti sapi potong, susu segar, keju, dan pupuk organik.

 Menteri BUMN, Rini Soemarno, mengunjuni perkebunan kopi Kalisat Jampit milik PTPN XII (3) .

Pengembangan bisnis sapi perah ini sangat bagus didukung potensi besar PTPN XII berupa sumber mata air yang cukup, lahan perkebunan yang luas, serta ketinggian dan iklim yang cocok.

Bisnis tersebut bertujuan untuk mendukung program pemerintah dalam hal ketahanan pangan nasional serta menambah pendapatan PTPN XII di samping bisnis komoditas utama, yakni kopi, kakao, karet, teh serta gula.

3 dari 6 halaman

Cara Menyeduh Bakal Menimbulkan Rasa Kopi yang Berbeda

Dream - Kopi selalu jadi minuman favorit. Baik saat bersantai maupun bekerja, kamu bisa mencecapnya. Kopi memang bisa dinikmati dalam berbagai suasana.

Kopi juga tetap nikmat, meski cara penyajiannya beraneka, mulai dari manual brew hingga basic expresso.

 

 

Namun, bila Sahabat Dream termasuk pecinnta kopi, penting untuk tahu bahwa beda cara menyeduh ternyata akan menghasilkan aroma, acidity, dan body, yang berbeda meski jenis kopi yang digunakan sama.

4 dari 6 halaman

Aspek Aroma, Acidity, dan Body

Aroma adalah bau khas yang dikeluarkan pada waktu pengadukan lapisan bubuk kopi sesaat setelah penyeduhan, contohnya adalah aroma buah (fruity), aroma bau kacang (nut-like), aroma bunga (herbal) dan sebagainya.

 Mencari Kedai Kopi

Lalu Acidity adalah sensasi keasaman yang menyegarkan bagian dari cita rasa yang terbentuk setelah seduhan dicicipi dan di tahan didalam rongga mulut selama 3-5 detik.

Sementara Body adalah sifat kekentalan (mouthfeel) kopi. Biasanya dinilai dengan cara menggosokan lidah dengan langit-langit mulut sehingga ada kesan kekentalan dari cairan.

5 dari 6 halaman

Punya Tujuan yang Beda

“ Tujuan dari teknik penyeduhan kopi untuk mendapatkan cita rasa kopi agar sesuai dengan yang kita inginkan. Tentu saja mana yang lebih enak akan tergantung pada selera masing-masing," kata Iwan Kurniansya, training officer Excelso, di acara Coffee Appreciation, Jakarta beberapa waktu lalu.

 Dapatkan Kopi Ala Cafe di Rumah

Kopi yang diseduh dengan menggunakan coffee press akan menghasilkan seduhan yang baik aroma, acidity dan bodynya terbilang berskala sedang. Sementara seduhan dengan coffee machine akan menghasilkan level acidity dan body yang tertinggi, dengan aroma berskala medium.

Laporan Vika Novianti Umar

6 dari 6 halaman

Beri Komentar
Tutorial Ikuti Audisi LIDA 2020 Indosiar di KapanLagi Lewat Handphone