Pacu Kinerja Keuangan, Bank Muamalat Selektif Salurkan Pembiayaan

Reporter : Arie Dwi Budiawati
Kamis, 22 Agustus 2019 18:36
Pacu Kinerja Keuangan, Bank Muamalat Selektif Salurkan Pembiayaan
Bank syariah ini juga akan melanjutkan konsolidasi hingga akhir tahun.

Dream – PT Bank Muamalat Indonesia Tbk menyusun strategi untuk memperbaiki kinerja keuangan perusahaan. Meski baru berjalan, manajemen optimistis langkah selektif dalam penyaluran pembiayaan bisa mendorong operasional perusahaan.

Sebagai catatan, laba bersih bank syariah pertama di Tanah Air ini jatuh 95 persen pada laporan kinerja terakhir, Juni 2019. PT Bank Muamalat mencatat laba bersih Rp5,08 miliar, atau merosot jauh dari perolehan periode sama setahun lalu Rp109,46 miliar. 

“ Kami kan belum selesai. Masih jalan,” kata Direktur Utama Bank Muamalat, Achmad K. Permana, di Jakarta, Kamis 22 Agustus 2019.

Menurut Permana, bank tak mungkin melakukan strategi bisnis terlalu agresif di tengah kondisi perekonomian seperti saat ini. Dalam bisnis pembiayaan, Bank Muamalat berupaya melakukan strategi selektif dalam penyalurannya.

“ Jadi, kami dan semua bank lebih banyak melakukan very selective (dalam menyalurkan) pembiayaan,” kata dia.

Sekadar informasi, penurunan laba bersih ini seiring dengan pendapatan yang turun dari Rp1,78 triliun menjadi Rp1,34 triliun. Sementara sektor pembiayaan turun dari Rp17,68 triliun pada Juni 2018 menjadi Rp17,13 triliun pada Juni 2019.

Kinerja yang belum maksimal itu membuat aset Bank Muamalat turut menyusut. Hingga pertengahan tahun 2019, Bank Muamalat mengelola aset senilai Rp54,57 triliun dari sebelumnya  dari Rp55,18 triliun.

1 dari 5 halaman

Terus Konsolidasi

Permana mengatakan Muamalat masih akan terus melakukan konsolidasi hingga akhir tahun. Tujuannya untuk membicarakan masalah pembiayaan yang akan dilakukan.

“ Masih kita jalankan, masih kita perbaiki sesuai dengan yang kita sampaikan, kita koordinasi dengan calon investor dan OJK (Otoritas Jasa Keuangan),” kata dia.

Permana mengatakan Muamalat juga akan melakukan berbagai perbaikan sesuai dengan arahan investor.

“ Kami perbaiki. (Kalau) ada hal yang sesuai arahan investor, kami perbaiki,” kata dia.

2 dari 5 halaman

Nabung di Bank Muamalat, Nasabah Dapat Hadiah Sepeda Motor

Dream – PT Bank Muamalat Indonesia TBK bekerja sama dengan Blibli.com, untuk memberikan hadiah secara online kepada nasabah Bank Muamalat. Salah satunya adalah sepeda motor.

Chief Executive Officer (CEO) Bank Muamalat, Achmad K. Permana mengatakan, Bank Muamalat akan memberikan hadiah yang bisa dipilih langsung oleh nasabahnya.

" Kami menebarkan satu produk hadiah biasanya kalau orang mencari hadiah itu undian, kedua prosesnya lama ketiga hadiahnya sedikit. Saya mau mereka memilih sendiri karena kebutuhannya berbeda," kata Permana di Jakarta, Kamis 22 Agustus 2019.

 © Dream

Dia mengatakan ada dua produk tabungan yang memberikan kebebeasan nasabah dalam memilih hadiah, yaitu Tabungan iB Hijrah Prima (TPB) dan Tabungan Hijrah Rencana Berhadiah (TRB).

" Ini merupakan terobosan memberikan hadiah yang terbatas dan limited," kata Permana.

3 dari 5 halaman

Begini Cara Dapat Hadiah

Menurut Permana, ketika nasabah menginginkan hadiah tertentu, bisa menghitung sendiri jumlah tabungannya untuk memperoleh hadiah yang diinginkan. Dia mengatakan nasabah bisa mendapatkan hadiah berdasarkan jangka lama menabung.

" Bisa Rp100 juta (dapat motor) tapi lama, bisa tiga tahun. Tapi kalau (tabungan) Rp1 miliar bisa 6 bulan (dapat motor). Tergantung hadiah dan simulasi sendiri berapa uangnya mereka," kata dia.

Ketika nasabah sudah mendapatkan hadiah tersebut, Permana memastikan prosesnya tidak akan memakan waktu lama, apalagi hingga berbulan-bulan.

" Kecepatan kiriman dari Blibli.com dengan kehadiran warehouse di 20 titik kota besar juga akan mempercepat pengiriman," kata dia.

Untuk mengetahui syarat dan ketentuan untuk hadiah apa saja yang bisa dipilih, nasabah bisa mengakses blibli.com/promosi/muamalat.

4 dari 5 halaman

Bank Muamalat Buka Tabungan Kurban, Setoran Minimal Rp100 Ribu/Bulan

Dream – PT Bank Muamalat Indonesia Tbk (BMI) mempermudah masyarakat untuk menunaikan ibadah kurban. Bank syariah ini meluncurkan tabungan kurban, iB Hijrah Rencana Kurban.

Dikutip dari keterangan tertulis Bank Muamalat, Senin 12 Agustus 2019, Chief Executive Officer (CEO) Bank Muamalat, Achmad K. Permana mengatakan, Tabungan iB Hijrah Rencana Kurban diperuntukkan sebagai solusi atas kebutuhan masyarakat yang berniat untuk menunaikan ibadah kurban dengan mudah dan terencana.

“ Kami berharap dengan adanya program tabungan ini, nasabah dapat semakin dimudahkan dalam melaksanakan ibadah kurban melalui Bank Muamalat,” kata Permana dalam peluncuran tabungan kurban di Bandung, Jawa Barat.

Berdasarkan data Kementerian Pertanian Republik Indonesia, pada tahun 2018 diperkirakan jumlah hewan kurban pada perayaan Idul Adha mencapai lebih dari 1,5 juta atau meningkat sekitar 5 persen dari tahun 2017 dengan dana yang beredar sekitar Rp10 triliun di seluruh Indonesia.

Laporan Badan Pusat Statistik (BPS) memperkirakan kebutuhan hewan kurban tahun 2019 ini tumbuh sebanyak 10 persen.

“ Melihat pertumbuhan ini, Bank Muamalat ingin menjadi wadah bagi nasabah untuk menghimpun dana untuk menunaikan ibadah kurban pada hari raya Idul Adha dengan menyediakan program Tabungan iB Hijrah Rencana Kurban di tahun 2019 ini,” kata dia.

5 dari 5 halaman

Gandeng Empat LAZ

Tabungan iB Hijrah Rencana Kurban ini dirancang dengan menggandeng empat Lembaga Amil Zakat Nasional (LAZNAS), yaitu Baitulmaal Muamalat (BMM), BAZNAS, Daarul Quran dan Rumah Zakat.

Nasabah yang ingin membuka Tabungan iB Hijrah Rencana Kurban bisa melakukan setoran minimal Rp100 ribu per bulan dengan jangka waktu sesuai kebutuhan.  

Tabungan ini juga menyediakan fasilitas autodebet setoran bulanan dari rekening sumber dana, dan dana yang akan berpindah buku secara otomatis ketika jatuh tempo.

“ Hal ini juga sejalan dengan kampanye #AyoHijrah yang kami canangkan dimana kami ingin menunjukkan bahwa produk bank syariah juga lengkap dan sesuai dengan kebutuhan nasabah,” kata dia.

Pada kesempatan yang sama, Bank Muamalat juga melaksanakan pemotongan dan penyaluran daging kurban untuk warga yang berhak. Cara penyaluran daging kali ini cukup unik karena mengusung konsep go green.

Jika biasanya daging disalurkan menggunakan kantong plastik, Bank Muamalat kali ini menggunakan besek, yaitu kemasan dari anyaman bambu.(Sah)

Beri Komentar