Mau Lapor SPT Pajak tapi Lupa Password dan EFIN, Ini Solusinya

Reporter : Arie Dwi Budiawati
Kamis, 14 Maret 2019 14:15
Mau Lapor SPT Pajak tapi Lupa Password dan EFIN, Ini Solusinya
Jangan dulu menyerah. Masih ada jalan untuk mengakses akun pajak kamu.

Dream - Wajib pajak yang ingin mengisi Surat Pemberitahuan (SPT) Pajak online wajib memasukkan Nomor Pajak Wajib Pajak (NPWP) dan kata kunci yang sudah terdaftar ke djponline.pajak.go.id. Namun karena hanya dipakai sekali dalam setahun, biasanya banyak orang lupa dengan password.

Satu-satunya cara untuk mengatur ulang password akun pajak kamu adalah dengan menggunakan Electronic Filling Identification Number (EFIN).

Lagi-lagi, banyak orang adalah lupa nomor EFIN karena lupa atau sudah hilang. Jika kondisinya seperti ini, harus bagaimana?

Dikutip dari akun Twitter Direktorat Jenderal Pajak Kementerian Keuangan, Kamis 14 Maret 2019, ada dua cara praktis untuk bisa " menemukan" EFIN kamu.

Pertama kamu bisa bertanya kepada agen Chat Pajak di situs www.pajak.go.id. Klik logo " Chat Pajak" untuk mulai percakapan dengan agen Chat Pajak, ya.

Kedua, kamu juga mention akun @kring_pajak di Twitter.

Jangan lupa untuk mempersiapkan data untuk konfirmasi. Data yang diperlukan adalah NPWP, nama lengkap, alamat yang terdaftar ketika registrasi EFIN, dan tahun pajak SPT terakhir.

1 dari 2 halaman

Masih Ada Cara Lain, Nih

Tak bisa mengakses internet, tenang ada lagi cara yang lain. Tapi langkah alternatif ini memang agak ribet karena kamu harus membongkar dokumen lama.

Pertama, kamu bisa membongkar berkas perpajakanmu. Siapa tahu kertas EFIN terselip.

Kedua, kamu bisa mengecek inbox e-mailmu. Coba ketik kata " EFIN" .

Ketiga, untuk Orang Pribadi, kamu bisa menelepon ke Kring Pajak 1500200. Jangan lupa siapkan NPWP dan konfirmasi data diri.

Kalau belum ketemu juga? Jangan sedih. Kamu bisa datang ke Kantor Pajak Pratama (KPP) terdekat untuk wajib pajak orang pribadi dan KPP terdaftar untuk wajib pajak badan atau bendahara.

Semoga bermanfaat, ya, Sahabat Dream!

2 dari 2 halaman

Lihat Selengkapnya Di Sini

Beri Komentar