Imbal Hasil Sukuk Ritel SR-010 Lebih Rendah, Ini Alasannya

Reporter : Arie Dwi Budiawati
Jumat, 23 Februari 2018 19:30
Imbal Hasil Sukuk Ritel SR-010 Lebih Rendah, Ini Alasannya
Besar tingkat kupon hanya 5,9 persen, lebih rendah 1 persen dibandingkan sukur ritel SR-009.

Dream – Pemerintah resmi membuka penawaran sukuk negara ritel SR-010. Pemerintah juga menawarkan imbal hasil instrumen keuangan syariah sebesar 5,9 persen.

Besaran untung yang diberikan pemerintah ternyata lebih rendah dibandingkan imbal hasil sukuk negara ritel SR-009 yang ditetapkan 6,9 persen.

Dirjen Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko Kementerian Keuangan, Luky Alfirman, menjelaskan penetapan tingkat kupon sukuk dibuat dengan melihat kondisi pasar Indonesia.

“ Salah satu patokannya adalah yang ada dari market. Kami memperhatikan juga, misalnya pembiayaan lain dan investasi,” kata Luky di Jakarta, dikutip dari Merdeka.com, Jumat 22 Februari 2018.

Terkait penawaran sukuk negara ritel terbaru kali ini, Luky mengaku pemerintah tak memasang target apapun. Semuanya diserahkan pada mekanisme permintaan dari pasar. 

Masa penawaran sukuk ritel terbaru ini ditetapkan kurang selama tiga minggu sejak pengumumnan. Sementara proses settlement akan diselesaikan sampai pekan keempat.

" Nanti bisa dilihat dalam waktu 3-4 minggu tadi gerakannya seperti apa, termasuk nilai investasinya sendiri,” kata dia.

(Sah)

 

Beri Komentar