Miliarder Dunia Terbanyak Asal Negara Melayu, Indonesia ke Berapa?

Reporter : Arie Dwi Budiawati
Minggu, 10 Maret 2019 08:00
Miliarder Dunia Terbanyak Asal Negara Melayu, Indonesia ke Berapa?
Indonesia masuk ke dalam daftar, lho.

Dream – Forbes belum lama ini merilis daftar orang terkaya di dunia tahun 2019. Media ini menemukan ada 2.153 orang kaya-raya di dunia dengan total kekayaan senilai US$2,3 triliun (Rp32.975,93 triliun).

Dikutip dari Forbes, Sabtu 9 Maret 2019, 2.153 miliarder ini hidup di 1.860 di seluruh dunia, termasuk di negara-negara Melayu, Asia Tenggara. Kiprah pebisnis asal ASEAN ini tak bisa dipandang sebelah mata. Beberapa bahkan menyumbang lebih dari 20 nama miliarder.

Salah satunya adalah Indonesia. Negara ini punya 21 miliarder. Mulai dari Hartono bersaudara—Budi Hartono dan Michael Bambang Hartono, Chairul Tanjung, dan Sri Prakash Lohia. Ada juga miliarder yang kini masuk dunia politik, Hary Tanoesodibjo masuk ke dalam daftar orang terkaya dunia dari Indonesia versi Forbes.

Malah, miliarder Indonesia yang jadi pendatang baru di daftar orang terkaya dunia tersebut. Namanya, Donald Sihombing. Bos PT Totalindo Eka Persada. Pria ini menduduki peringkat ke-1.605 orang terkaya dunia dan ke-14 orang terkaya di Indonesia.

Apakah Indonesia adalah negara pencetak miliarder terbanyak di ASEAN?

1 dari 1 halaman

Negara ASEAN Ini Cetak Miliarder Dunia Terbanyak

Thailand menjadi negara ASEAN yang banyak miliarder masuk ke dalam daftar orang terkaya dunia. Ada 31 miliarder yang berasal dari Thailand. Sebut saja Dhanin Chearavanont yang berada di posisi orang terkaya dunia ke-75, Charoen Sirivadhanabhakdi ke-87 dunia, dan Aiyawatt Srivaddhanaprabha yang bertengger di posisi orang tertajir dunia ke-290.

Kedua, Singapura. Ada 22 miliarder Singapura yang masuk ke daftar orang tajir melintir.

Indonesia ternyata menjadi penyumbang ketiga miliarder asal negara melayu yang masuk daftar orang terkaya dunia. 

Di bawah Malaysia bertengger Malaysia yang hanya mencatatkan 13 miliarder ke dalam daftar Forbes tersebut. Misalnya, Koon Poh Keong, Robert Kuok, Quek Leng Chan, dan Teh Hong Piow.

Kelima, Filipina. Tujuh belas orang kaya Filipina menjadi bagian orang terkaya dunia 2019. Contohnya, Manuel Villar yang menduduki orang terkaya ke-317 di dunia, John Gokongwei ke-343, dan Enrique Razon ke-379.

Keenam, ada Vietnam. Empat orang tajir Vietnam juga termasuk ke dalam daftar Forbes. Keempatnya adalah Pham Nhat Vuong, Nguyen Thi Phuong Thao, Ho Hung Anh, Tran Ba Duong dan keluarga, serta Nguyen Dang Quang.(Sah)

Beri Komentar
ANGRY BIRDS 2, Animasi Lucu dengan Pesan Tersembunyi - Wawancara Eksklusif Produser John Cohen