Satu-satunya Pengusaha Muslim RI di Daftar Orang Terkaya Dunia

Reporter : Arie Dwi Budiawati
Jumat, 8 Maret 2019 19:42
Satu-satunya Pengusaha Muslim RI di Daftar Orang Terkaya Dunia
Pria ini jadi satu-satunya pengusaha Muslim yang masuk daftar orang terkaya dunia versi Forbes.

Dream – Forbes kembali merilis daftar orang terkaya di dunia tahun 2019. Ada 2.153 orang kaya-raya di dunia dengan total kekayaan senilai US$2,3 triliun (Rp32.975,93 triliun).

Dari ribuan daftar itu, ada 21 orang Indonesia yang masuk daftar orang terkaya dunia.

Salah satunya adalah Chairul Tanjung. Pria ini jadi satu-satunya pengusaha Muslim yang masuk daftar orang terkaya dunia versi Forbes.

Dikutip dari Forbes, Jumat 8 Maret 2019, pria yang akrab dipanggil CT ini memiliki harta senilai US$3,7 miliar (Rp52,9 triliun) per 8 Maret 2019. Kekayaan ini membuat mantan menteri koordinator bidang perekonomian itu menduduki peringkat ke-5 orang terkaya di Indonesia.

Pria ini menjadi satu-satunya orang Muslim terkaya di Indonesia versi Forbes.

Ayah dua anak ini memiliki bisnis CT Corp yang bergerak di bidang ritel, perbankan, dan media. Misalnya, di bisnis ritel, ada Carrefour dan Transmart. Di perbankan, ada Bank Mega, sedangkan di media ada Trans Corp.

CT juga mengoperasikan bisnis jaringan Wendy’s, Mango, dan Jimmy Choo di Indonesia.

Pada 2017, pria ini menjual 49 persen sahamnya di bisnis asuransi kepada Prudential Financial di Amerika Serikat. Lulusan Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia itu menandatangani kerja sama dengan AccorHotels pada 2017. Kerja sama ini berisi tentang pembukaan 30 hote Accor di Indonesia.

1 dari 2 halaman

Ini Daftar 21 Miliarder Indonesia Yang Masuk Daftar Orang Terkaya Dunia


 21 miliarder Indonesia yang masuk daftar orang terkaya dunia.

 21 miliarder Indonesia yang masuk daftar orang terkaya dunia (2)

2 dari 2 halaman

Donald Sihombing, Kontraktor Rumah DP 0 Rupiah Masuk Daftar Miliarder Dunia

Dream – Donald Sihombing menjadi pendatang baru di jajaran orang terkaya dunia versi Forbes. Dengan kekayaan senilai US$1,4 miliar atau sekitar Rp19,92 triliun, Donald menduduki peringkat 1.605 orang terkaya sejagat.

Sementara di Indonesia, Donald menjadi orang terkaya ke-14.

Dikutip dari Forbes, Jumat 8 Maret 2019, Donald mendirikan dan menjalankan perusahaan konstruksi, yaitu PT Totalindo Eka Persada Tbk. Melalui perusahaan ini, direktur utama Totalindo Eka Persada ini mendirikan banyak bangunan, termasuk Hotel Four Seasons di Jakarta.

Tak banyak yang tahu jika perusahaan yang dikomandani Donald pernah membangun proyek pembangunan rumah susun (rusun) Klapa Village Jakarta. Proyek kerjasama operasional dengan BUMD Sarana Jaya ini merupakan bagian dari program rumah DP 0 Rupiah yang digaungkan Gubernur Anies Baswedan. 

Dikutip dari beragam sumber, lulusan Teknik Sipil di University of Akron, Amerika Serikat, ini mendirikan Totalindo Eka Persada pada 1995. Sebelum mendirikan Totalindo Eka Persada, dia pernah didepak dari perusahaan konstruksi, PT Total Bangun Persada Tbk.

Kebangkitan karier Donald bermula sejak mendapatkan kepercayaan untuk membangun Mall Taman Anggrek. Sejak inilah, dia membangun Totalindo Eka Persada.

Pada 2017, Totalindo melantai di bursa dan harga sahamnya meningkat. Pria ini memegang 74 persen saham perusahaan berkode emiten TOPS.

Beri Komentar
Intip Harga dan Spesifikasi Mobil Dinas Baru Jajaran Menteri Jokowi