Oman Akhirnya Miliki Lembaga Khusus Bank Syariah

Reporter : Syahid Latif
Kamis, 2 Juli 2015 11:47
Oman Akhirnya Miliki Lembaga Khusus Bank Syariah
Lembaga ini merupakan langkah awal bagi Oman membangun industri keuangan syariah.

Dream - Bank Sentral Oman secara resmi telah membentuk departemen independen untuk mengelola perbankan syariah. Ini merupakan langkah awal dari ambisi Oman membangun industri keuangan syariah.

Oman menjadi negara terakhir anggota Gulf Cooperation Council (GCC) yang memperkenalkan keuangan syariah. Pada 2013, Oman memberikan izin operasi bagi dua bank syariah Al Izz Islamic Bank dan Bank Nizwa.

Sejak industri keuangan syariah ini berkembang, total aset dua bank dan satu unit usaha syariah mencapai 5 persen dari industri keuangan Oman.

Mengutip laman Zawya, Kamis, 2 Juli 2015, pembentukan lembaga khusus pengawas bank syariah memudahkan jalan bagi dua langkah baru yang menjadi titik kritis dalam pengembangan industri keuangan syariah. Dua langkah itu adalah penerbitan surat utang syariah dan pengenalan perangkat keuangan syariah.

Pemerintah Oman sendiri menargetkan bisa melepas sukuk pertamanya bernilai US$ 520 juta dalam beberapa bulan ke depan. Bank sentral Oman saat ini masih mempelajari operasional dari pasar keuangan syariah. (Ism) 

 

Beri Komentar