Ada Penerimaan CPNS 2018, Untuk Formasi Apa Saja?

Reporter : Arie Dwi Budiawati
Kamis, 4 Januari 2018 15:30
Ada Penerimaan CPNS 2018, Untuk Formasi Apa Saja?
Siap-siap, Sahabat Dream!

Dream – Ada kabar baik bagi Sahabat Dream yang ingin bekerja sebagai pegawai negeri sipil (CPNS). Tahun ini, pemerintah berencana kembali membuka seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS).

“ Rencananya akan dibuka (tahun ini), termasuk untuk formasi di daerah,” kata Kepala Biro Hukum, Komunikasi, dan Informasi Publik Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB), Herman Suryatman, kepada Dream di Jakarta, Kamis 4 Januari 2018.

 Mau Lolos Seleksi, Ini Tiga Lowongan CPNS yang Sepi Pelamar

Herman mengatakan CPNS akan dibuka untuk formasi CPNS di pemerintah pusat dan daerah. Namun, dia mengatakan formasi khususnya belum ditetapkan.

“ Belum ada penetapan formasi,” kata dia.

 

1 dari 2 halaman

Kapan Diumumkan?

Herman juga tak menyebutkan waktu pembukaan seleksi CPNS. Mereka masih menunggu validasi data data usulan formasi dari instansi.

“ Tunggu saja. Saat ini masih menunggu validasi data usulan formasi dari instansi, terutama daerah,” kata dia.

Herman mengatakan pembukaan seleksi CPNS tahun 2018 bertujuan untuk menutup kebutuhan karena ada PNS yang pensiun. “ (Juga karena) kebutuhan objektif instansi untuk membidik sasaran pembangunan sesuai dengan core business instansi masing-masing,” kata dia.

Jumlahnya? “ Masih dalam proses,” kata dia.

(Sah)

 

2 dari 2 halaman

Ini Besaran THR Plus Gaji ke-13 PNS di Tahun 2018

Dream – Tak ada kenaikan gaji untuk para Pegawai Negeri Sipil (PNS) untuk tahun depan. Sebagai gantinya, pemerintah masih akan tetap memberikan tunjangan hari raya (THR) dan gaji ke-13 untuk pegawai negeri sipil (PNS), TNI, dan Polri.

Direktur Jenderal Anggaran Kementerian Keuangan, Askolani, mengatakan anggaran THR dan gaji ke-13 tahun 2018 tidak jauh berbeda dengan tahun 2017.

“ Kemungkinan nggak jauh (berbeda) dari 2017,” kata Askolani dikutip dari Merdeka.com, Selasa 22 Agustus 2017, di Jakarta.

Sayang Askolasi yang mengaku lupa dengan angkanya tak bisa memerinci jumlah alokasi anggarannya.

“ Lupa (berapa). Intinya, nggak jauh berbeda,” kata dia.

Dilansir dari beberapa sumber, pemerintah menganggarkan dana THR dan gaji ke-13 untuk PNS, TNI, dan Polri sebesar Rp23 triliun untuk tahun 2017. Jumlah ini meningkat dari anggaran 2016 yang sebesar Rp17,9 triliun.

Askolani melanjutkan, pemerintah juga menyiapkan anggaran untuk pensiunan PNS. Jumlahnya sebesar Rp90 triliun. Pensiunan PNS pun juga akan mendapatkan gaji ke-13 dan THR dari pemerintah.

“ Angkanya (THR dan gaji ke-13) nggak jauh beda. Total (anggaran untuk) pensiun itu Rp90 triliun,” kata dia.(Sah)

Beri Komentar
Kenangan Reza Rahadian Makan Siang Terakhir dengan BJ Habibie