Blibli (Foto: Dream.co.id/Okti Nur Alifia)
Dream - PT Global Digital Niaga Tbk (BELI), perusahaan yang mengelola Blibli akan memasuki usianya ke-12 di industri e-commerce Tanah Air pada 25 Juli 2023 mendatang. Selama lebih dari satu dekade, perusahaan yang sahamnya tercatat di Bursa Efek Indonesia (BEI) sejak November 2022 lalu itu menjadi pelopor omnichannel dengan mengintegarasikan layanan online maupun offline.
Layanan yang diberikan Blibli semakin lengkap setelah perseroan mengakuisisi tiket.com pada 2017 lalu.
Selama 12 tahun, Blibli telah melayani penjualan dari mitra sekaligus pembelian oleh konsumen di Tanah Air. CEO & Co-Founder Blibli, Kusumo Martanto mengungkapkan hampir 90 persen kebutuhan harian mulai dari HP, elektronik, kecantikan, sport, grocery, digital product, hingga konser bersama tiket.com dilayani perusahaannya.
" Saat ini menurut survei yang ada kami secara ekosistem sudah memenuhi hampir 90 persen potensi konsumsi masyarakat indonesia," katanya dalam konferensi pers Blibli Annive12sary di Jakarta, 18 Juli 2023.
Chief Marketing Officer (CMO) Blibli Edward K. Suwignyo menambahkan perusahaan juga sempat mendatat sejumlah barang dengan tingkat penjualan terbesar selama 12 tahun.
Posisi pertama dihuni oleh kategori penjualan smartphone. Mengilustrasikan penjualan itu dalam tinggi kardus smartphone sekitar 20 cm, tumpukan telepon cerdas yang sudah dijual Blibli selama 12 tahun bisa setara 2.600 gedung Burj Khalifa di Dubai yang merupakan pencakar langit tertinggi sejagat.
" Kategori terbesar kami adalah smartphone. Smartphone yang telah kami jual selama 12 tahun, kalau kita tumpuk kardusnya. Tingginya, rata-rata kardus smartphone 20cm, kita tumpuk terus sampai ke atas, dijejerkan dengan Burj khalifa itu kita bisa menumpuk 2.600 Burj khalifa," kata Edward atau yang kerap disapa Kiki.
Barang terlaris kedua yang banyak dibeli konsumen dari Blibli adalah televisi. Jika dijejerkan, penjualan TV yang sudah dilayani perusahaan bisa mencapai panjang lebih dari 700 km atau jarak Jakarta ke Surabaya.
" Itu adalah penjualan TV yang pernah kami lakukan selama 12 tahun," hitungnya.
Barang ketiga yang banyak laku di Blibli adalah air fryer. Menariknya, penjualan air fryer selama 12 tahun jika diisi oleh ayam goreng penuh dapat mentraktir orang yang memadati penuh kapasitas Gelora Bung Karno (GBK) sebanyak dua kali.
" Kalau air fryer ini diisi sama ayam goreng, kita masukin semua ke dalam air fryer itu kapasitasnya dapat membeli makan seluruh GBK 2x makan. Jadi konser Blackpink dua kali bisa makan ayam goreng gratis," katanya.
Sementara di kategori Bliblimart, Kiki mengatakan 4 dari 10 konsumen Blibli pernah belanja di Bliblimart.
" Kalau kita menghitung dari sayur dan buah segar saja, kalau dibikin sup buah bisa mengisi satu kolam renang olympic isinya buah samua," katanya.
Adapun untuk penjualan gula, jika gula tersebut dibuat kue ulang tahun setinggi 20cm, dapat menjadi 20 juta kue ulang tahun. Kemudian, untuk penjualan beras setara dengan membuat 10 juta porsi tumpeng.
Adapun untuk pengiriman tercepat dari program 2 jam sampai di kawasan Jabodetabek adalah 5 menit. Fitur 2 jam sampai juga telah diaplikasikan oleh konsumen Blibli di lebih dari 40 kota di Indonesia.
" Jam paling aneh orang memesan jam 2 pagi untuk 2 jam sampai, produk yang dibeli susu bayi," ungkapnya.
Advertisement
Lebih dari Sekadar Kulit Sehat: Cerita Enam Selebriti Merawat Kepercayaan Diri yang Autentik
Kebiasaan Pakai Bra saat Tidur Berbahaya? Cari Tahu Faktanya
Seru Abis! Komunitas Ini Sampaikan Kritikan dengan Main Karet Depan Gedung DPR
Potret Beda Pesta Pora 2025, Ada Jumatan Bareng Dipimpin Rhoma Irama
Psikolog Ungkap Pentingnya Pengawasan Orangtua Saat Anak Main Game
Potret Beda Pesta Pora 2025, Ada Jumatan Bareng Dipimpin Rhoma Irama
Seru Abis! Komunitas Ini Sampaikan Kritikan dengan Main Karet Depan Gedung DPR
Tak Hanya di Indonesia, 7 Mitos Aneh di Berbagai Belahan Dunia
Lebih dari Sekadar Kulit Sehat: Cerita Enam Selebriti Merawat Kepercayaan Diri yang Autentik