Fakta Sebenarnya Perumahan di Atas Mall yang Viral

Reporter : Arie Dwi Budiawati
Kamis, 27 Juni 2019 08:36
Fakta Sebenarnya Perumahan di Atas Mall yang Viral
Belakangan, warganet heboh dengan perumahan di atas pusat perbelanjaan.

Dream – Baru-baru ini perumahan di atas pusat perbelanjaan menjadi viral di sosial media. Keberadaannya sebuah hunian semacam ini yang jarang terdengar cukup mengejutkan publik.

Dikabarkan foto rumah tapak yang viral di platform Twitter itu berada di atas Thamrin City, Thamrin, Jakarta.

Senior Associate Director Colliers International Indonesia, Ferry Salanto, kepada Dream, mengatakan fenomena perumahan dibangun di atas pusat perbelanjaan sebetulnya sudah ada sejak lama.

Ferry menegaskan keberadaan rumah di atas mal tersebut boleh dilakukan perusahaan pengembang sepanjang aspek legalitas pembangunannya tak melanggar aturan.

“ Saya pikir itu normal-normal saja selama masalah kepemilikan dan legalnya nggak bermasalah karena secara hukum nggak masalah,” kata Ferry ketika dihubungi Dream, Kamis 27 Juni 2019.

Dia mengatakan daerah Thamrin termasuk lokasi strategis dan elit. Harga tanah di kawasan ini terbilang tinggi dan harga jual takkan terkejar oleh masyarakat umum.

Kalaupun membangun rumah tapak di atas tanah, hal ini dinilai akan sia-sia karena membuang jatah Koefisien Luas Bangunan (KLB) yang seharusnya digunakan untuk bangunan tinggi.

“ (Untuk itu), mereka memanfaatkan sisa KLB untuk mengakomodir pasar yang butuh hunian seperti rumah tapak, namun dibangun di atas bangunan,” kata Ferry.

Selain Thamrin City, Ferry menyebut, setahunya, ada lagi rumah yang dibangun di atas pusat perbelanjaan. Namanya, The Villas.

“ Itu yang saya tahu,” kata dia.

 

2 dari 6 halaman
asset dream.co.id
Beri Komentar
Steve Emmanuel Divonis 9 Tahun Penjara