Fakta Sebenarnya Perumahan di Atas Mall yang Viral

Reporter : Arie Dwi Budiawati
Kamis, 27 Juni 2019 08:36
Fakta Sebenarnya Perumahan di Atas Mall yang Viral
Belakangan, warganet heboh dengan perumahan di atas pusat perbelanjaan.

Dream – Baru-baru ini perumahan di atas pusat perbelanjaan menjadi viral di sosial media. Keberadaannya sebuah hunian semacam ini yang jarang terdengar cukup mengejutkan publik.

Dikabarkan foto rumah tapak yang viral di platform Twitter itu berada di atas Thamrin City, Thamrin, Jakarta.

Senior Associate Director Colliers International Indonesia, Ferry Salanto, kepada Dream, mengatakan fenomena perumahan dibangun di atas pusat perbelanjaan sebetulnya sudah ada sejak lama.

Ferry menegaskan keberadaan rumah di atas mal tersebut boleh dilakukan perusahaan pengembang sepanjang aspek legalitas pembangunannya tak melanggar aturan.

“ Saya pikir itu normal-normal saja selama masalah kepemilikan dan legalnya nggak bermasalah karena secara hukum nggak masalah,” kata Ferry ketika dihubungi Dream, Kamis 27 Juni 2019.

Dia mengatakan daerah Thamrin termasuk lokasi strategis dan elit. Harga tanah di kawasan ini terbilang tinggi dan harga jual takkan terkejar oleh masyarakat umum.

Kalaupun membangun rumah tapak di atas tanah, hal ini dinilai akan sia-sia karena membuang jatah Koefisien Luas Bangunan (KLB) yang seharusnya digunakan untuk bangunan tinggi.

“ (Untuk itu), mereka memanfaatkan sisa KLB untuk mengakomodir pasar yang butuh hunian seperti rumah tapak, namun dibangun di atas bangunan,” kata Ferry.

Selain Thamrin City, Ferry menyebut, setahunya, ada lagi rumah yang dibangun di atas pusat perbelanjaan. Namanya, The Villas.

“ Itu yang saya tahu,” kata dia.

 

1 dari 5 halaman

Dibeli Karena Lokasi?

Ferry mengatakan rumah tapak di atas bangunan juga menarik masyarakat. Faktornya adalah lokasi.

“ Hunian seperti rumah sulit dicari jika lokasiknya di daerah prime,” kata dia.

Ferry juga menekankan pembangunan rumah di daerah DKI Jakarta, harus mengikuti aturan zonasi, batasan koefisien dasar bangunan (KDB), dan KLB yang dikeluarkan oleh pemeruntah daerah. Kalau zonasinya untuk hunian, tak bisa lagi dibangun untuk komersial, seperti mall atau perkantoran.

“ Ada area yang bisa dibangun mixed use project, terutama di daerah yang padat dan nilai komersialnya tinggi. Di Thamrin City ada fungsi komersial dan residential, jadi dimungkinkan secara aturan tata kota,” kata dia.

2 dari 5 halaman

Berapa Harganya?

Saat disinggung soal harga rumah di atas mal, Ferry tak bisa mengungkapkannya. Alasannya, rumah yang tengah viral di sosial media sudah lagi tak dijual.

Sementara untuk harga rumah seken di atas mal, Ferry juga tak terlalu memperhatikan. 

Dari penelusuran Drea dari situs jual beli properti, terlihat banyak pihak menawarkan rumah di atas mal. Dikutip dari laman Trovit.com, salah satunya rumah yang dijual di lantai 10 di kawasan Thamrin City, Jakarta Pusat. 

Rumah tersebut memiliki luas lahan dan bangunan 200 meter persegi. Memiliki tiga kamar, rumah tersebut dilepas dengan harga Rp7,5 miliar.

 

 Harga rumah di atas mall.

 

 

3 dari 5 halaman

Viral Perumahan di Atas Mal

Dream – Belakangan ini foto perumahan di atas pusat perbelanjaan sedang viral di jejaring sosial setelah fotonya diunggah ke Twitter oleh akun @shahrirbahar. Perumahan tersebut lengkap dengan jalan, kolam renang, dan lapangan tenis.

“ Selamat pagi Jakarta. Macam mana orang terpikir akan membangun perumahan di atas bangunan,” cuit Sharir dalam bahasa Melayu, dikutip Dream pada Rabu 26 Juni 2019.

Foto itu langsung menarik perhatian pengguna media sosial. Banyak di antara mereka yang bertanya-tanya apakah perumahan di atas mal itu benar-benar ada.

 Rumah di atas mall.

Warganet yang tak tahu bahkan terheran-heran. " Maaf bertanya ini di mana, ya?" cuit @annd0ntcare.

" Kalau orang tanya rumah dia berapa tingkat. Hendak jawab apa?" cuit @echoo606.

" Woy, tak robohkah? Banyak itu beban untuk parkir di atas," cuit @fznfrique dalam bahasa Melayu.

 

 

4 dari 5 halaman

Beneran Ada?

Namun, ada pula netizen yang menyebut bahwa foto itu benar adanya. Warganet menyebut perumahan unik ini bernama Cosmo Park Thamrin City yang berada di atas Thamrin City.

" Ini rumah tempatnya di Thamrin City, Jakarta, & perumahan ini dipakai untuk rent @Airbnb," cuit @amiryogi.

" Ini perumahan letaknya di atas Thamrin City. Namanya Cosmo Park, Ada juga perumahan semacam ini. Letaknya di atas Mall of Indonesia, tapi saya tak tahu namanya," cuit @alviantov.

 

 

5 dari 5 halaman

Bentuknya Town House

Dikutip dari The Condotel, Cosmo Park merupakan kompleks perumahan unik berbentuk town house. Properti ini satu manajemen pengelolaan dengan Jakarta Residence.

Town house ini berada di atas Mall Thamrin City. Tamu yang menginap di Cosmo Park, bisa membawa mobil sampai lantai 10 dan parkir di carport depan rumah.

Disediakan akses elevator untuk turun naik ke mal Thamrin City dari Cosmo Park.

Tak hanya di Thamrin City, perumahan unik ini juga terletak di Mall of Indonesia (MOI), Kelapa Gading, Jakarta. Namanya, The Villas.

Beri Komentar
Detik-detik Bom Bunuh Diri Meledak di Polrestabes Medan