Pilih Mana, Beli Aset atau Asuransi Keluarga?

Reporter : Ayu Miranti
Rabu, 21 Agustus 2019 00:06
Pilih Mana, Beli Aset atau Asuransi Keluarga?
Kira-kira mana yang lebih penting dan urgent dimiliki?

Bagi pengantin baru, ada babak baru yang perlu dipersiapkan sejak awal usia pernikahan. Mulai dari investasi, tabungan pendidikan anak, biaya darurat dan masih banyak lainnya. Sayangnya, ketika dihadapkan dengan berbagai pilihan sering kali merasa bingung. Mana sih yang harus didahulukan? Dari berbagai pilihan yang ada, kebingungan yang paling sering terjadi adalah memilih antara membeli aset atau asuransi keluarga. Berikut ini adalah pertimbangan yang bisa dilakukan.

Penting Nggak Sih Membeli Aset?

Sebagian orang percaya jika memiliki aset sama dengan investasi. Hal ini nggak sepenuhnya salah kok, namun perlu bijak untuk mempergunakannya. Pastikan aset yang dimiliki memiliki nilai apresiasi atau peningkatan nilai seperti rumah, emas, hingga barang langka.

Misalnya kamu membeli rumah seharga 500 juta, tahun depan mungkin nilainya sudah naik menjadi 550 juta. Berbeda jika membeli kendaraan, karena memiliki nilai depresiasi atau penurunan. Harga kendaraan senilai 300 juta yang kamu beli tahun ini, bisa jadi turun menjadi 250 juta tahun depan.

Keputusan untuk membeli aset sebagai investasi keluarga memang penting. Namun, pastikan keputusan yang kamu ambil tepat. Kamu bisa berkonsultasi pada financial planner untuk mendapatkan pilihan investasi yang paling tepat sesuai dengan keadaan keuangan.

Punya Asuransi Untuk Keluarga Ternyata Urgent

Memiliki aset sebagai dana darurat keluarga, sah saja. Namun, perlu diingat jika pencairan dana aset yang dimiliki juga membutuhkan waktu. Padahal, kejadian tidak terduga bisa saja membutuhkan dana yang tidak sedikit dan penanganan yang cepat.

Di sinilah peran asuransi keluarga sangat dibutuhkan. Asuransi keluarga sendiri meliputi asuransi kesehatan dan asuransi jiwa yang dapat memberikan perlindungan pada seluruh anggota keluarga dalam hal kesehatan dan keselamatan.

Jika anak atau istri atau kepala keluarga tiba-tiba sakit, asuransi kesehatan keluarga bisa memberikan perlindungan secara finansial. Apalagi, jika kondisi ini terjadi saat keadaan keuangan keluargamu tidak stabil.

Sebagai kepala keluarga, pastinya juga cemas jika tiba-tiba terkena musibah dan harus meninggalkan anggota keluarga. Agar keluarga tidak terbebani, asuransi jiwa keluarga bisa memberikan pertolongan secara finansial. See, penting banget kan memiliki asuransi keluarga?

Memiliki aset dan asuransi keluarga ternyata sama pentingnya. Pastikan kamu melakukan keputusan yang tepat ya. #MulaiAjaDulu dari Tokopedia untuk kepoin Asuransi Online hingga Asuransi AXA Mandiri yang bisa digunakan untuk keluarga kecilmu. Jika bisa melindungi sekarang, kenapa enggak!

 

 

Beri Komentar