Terbang ke Saudi, Rusia Ingin Terapkan Keuangan Syariah

Reporter : Arie Dwi Budiawati
Senin, 20 Februari 2017 15:45
Terbang ke Saudi, Rusia Ingin Terapkan Keuangan Syariah
Perbankan Rusia mengaku tertarik merilis kartu debit untuk haji

Dream – Perkembangan industri keuangan syariah yang pesat di Eropa membuat Rusia terpincut. Negara Beruang Merah ini ingin menerapkan keuangan syariah di perbankannya.

Untuk mewujudkannya, Rusia pun “ berguru” kepada Islamic Development Bank (IDB) yang berbasis di Jeddah, Arab Saudi.

“ Rusia berharap bisa mengimplementasikan sistem keuangan syariah di perbankan,” kata seorang delegasi Rusia, Abubakar Asmarkof, kepada Saudi Gazette, dilansir dari Zawya, Senin 20 Februari 2017.

Asmarkof mengatakan pemerintah Rusia siap untuk menerapkan sistem keuangan syariah, namun perbankan tetap memerlukan mekanisme keuangan syariah. Dia mengatakan ada 25 juta orang Muslim di Rusia yang bisa dijadikan sebagai target pasar keuangan syariah.

“ Kami memerlukan contoh yang berhasil menerapkan keuangan syariah di perbankan dan itu adalah IDB,” kata dia,

Di industri perbankan Rusia, ada 7 ribu orang pegawai yang bekerja di 260 cabang bank yang menyediakan produk dan jasa perbankan. Pasar industri perbankan Rusia adalah industri, konstruksi, dan pertanian. Ke depannya, perbankan Rusia juga ingin merilis kartu debit untuk Haji.

Haji dan Umrah© © 2014 http://www.go-makkah.com

Sekadar informasi, kedatangan delegasi Rusia ke IDB ini bertujuan untuk berkolaborasi tentang wakaf dan memperkuat sistem keuangan syariah di Rusia. Tujuan lainnya adalah mencari kesempatan investasi antara IDB dan Industri Perbankan Moskow serta membuat lapangan pekerjaan untuk kawula muda.

Presiden IDB, Bandar Hajjar, mengatakan pihaknya mengkaji metode yang bisa diterapkan untuk perbankan syariah di Rusia setelah melengkapi dari aspek legal dan isi organisasi kerja sama dengan Bank Sentral Rusia.

Hajjar mengatakan keinginan kuat Bank Sentral Rusia dan pemerintah Rusia bisa menciptakan lingkungan yang sesuai bagi keuangan syariah. Tidak hanya itu, iklim bisnis ini bisa mendorong IDB untuk melatih SDM di perbankan di Rusia tentang keuangan syariah.(Sah)

Beri Komentar