Daftar Investasi Bodong Paling Mencengangkan di Indonesia

Reporter : Arie Dwi Budiawati
Sabtu, 2 Desember 2017 08:02
Daftar Investasi Bodong Paling Mencengangkan di Indonesia
Hanya dalam 10 tahun, uang senilai Rp105 triliun raib.

Dream – Ketua Satuan Tugas Investasi Ilegal Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Tongam L. Tobing, mengungkapkan fakta mengejutkan tentang investasi illegal. Dalam kurun waktu 10 tahun, kerugian yang ditimbulkan akibat investasi bodong lebih dari Rp100 triliun.

Dikutip dari Merdeka.com, Sabtu, 2 Desember 2017, total kerugian yang disebabkan oleh investasi bodong selama satu dekata itu mencapai Rp105,81 triliun. Kerugian ini timbul dari investasi ilegal sejak 2007.

Tongam mengatakan investasi bodong makan korban karena masih banyak masyarakat yang belum memahami seluk-beluk investasi. Tak jarang perusahaan investasi abal-abal yang memakai tokoh agama atau tokoh masyarakat untuk semakin meyakinkan.

Dampak investasi ilegal bisa menghilangkan kepercayaan masyarakat terhadap produk keuangan.

Sejauh ini ada empat perusahaan yang berhasil diungkap oleh Satgas Investasi Ilegal. Keempat perusahaan investasi bodong ini adalah Pandawa Group, First Travel, PT Cakrabuana Sukses Indonesia, dan Dream Freedom.

“ Pandawa Group ini (menawarkan) keuntungan 10 persen per bulan, korbannya 549 ribu orang, dan total kerugiannya Rp3,8 triliun,” kata dia di Jakarta.

Tongam mengatakan investasi bodong berkedok paket penawaran umroh murah, First Travel, makan korban 58.600 orang. Total kerugiannya mencapai Rp800 miliar.

Sementara itu, PT Cakrabuana Sukses Indonesia, menawarkan keuntungan investasi sebesar 5 persen per bulan. Korban yang terjerat ada 7 ribu orang dengan total kerugian Rp1,6 triliun.

Yang terakhir adalah Dream Freedom yang telah merugikan 700 ribu orang. “ Total kerugiannya Rp3,5 triliun,” kata dia.

(Sah)

Beri Komentar