Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

Menkeu Sri Mulyani Beber Hasil Kerja Pemulihan Ekonomi Selaa Pandemi Covid-19

Menkeu Sri Mulyani Beber Hasil Kerja Pemulihan Ekonomi Selaa Pandemi Covid-19 Foto: Sri Mulyani/Shutterstock

Dream - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati melaporkan upaya pemulihan ekonomi yang dijalankan pemerintah semenjak puncak pandemi Covid-19 telah membuahkan hasil. Laju pengangguran di Indonesia dilaporkan telah berkurang sebanyak 670 ribu orang di 2021 ini.

“Ini sudah turun lagi dari kondisi puncak waktu di tengah Covid-19 tahun lalu yaitu pada bulan Agustus 2020. Penurunan 0,58 persen dari sisi jumlah pengangguran yang berkurang sekitar 670 ribu orang,” ungkap Sri Mulyani dalam webinar Hadapi bersama Perubahan Iklim dan strategi Hijau, dikutip dari Merdeka.com, Selasa, 14 Desember 2021.

Sri Mulyani mengakui pemulihan ekonomi sudah seharusnya bisa dirasakan pada level konkrit dan tak sebatas angka statistik semata. Program yang dibuat pemerintah harus bisa dirasakan dalam bentuk penciptaan kesempatan kerja baru.

Selain menurunnya angka pengangguran, Menkeu juga melaporkan penyerapan tenaga kerja mengalami kenaikan sekitar 2,6 juta orang selama periode pemulihan ekonomi tahun 2021 ini. Sementara pertumbuhan angkatan kerja naik sebesar 1,4 persen.

Angka Kemiskinan Menurun

Sementara, angka kemiskinan nasional pada Maret 2021 tercatat 10,14 persen atau 27,5 juta jiwa. Angka tersebut membaik dibandingkan September tahun 2020 yang mencapai 10,19 persen atau 27,6 juta jiwa.

“Penurunannya belum terlalu dalam. Oleh karena itu, Presiden dan kabinet sekarang memberikan perhatian khusus untuk kabupaten kabupaten dan daerah yang memiliki kantong kemiskinan absolut,” jelasnya Sri Mulyani.

Pemerintah juga berjanji akan terus menggunakan instrumen APBN baik berupa pajak seperti insentif atau pajak yang ditanggung pemerintah (DTP), maupun dari sisi instrumen belanja dalam bentuk hibah, subsidi dan dukungan belanja lainnya.

3.365 Pinjol Ilegal Ditutup dalam 3 Tahun Terakhir

Dream - Satgas Waspada Investasi menutup 3.365 perusahaan pinjaman online (pinjol) ilegal dalam kurun waktu tiga tahun terakhir.

" Selama periode 2018 hingga 2021 Satgas Waspada Investasi menutup sebanyak 3.365 pinjam online ilegal di Indonesia," ujar Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati di sela-sela acara Opening Ceremony The 3rd Indonesia Fintech Summit 2021, akhir pekan kemarin.

Dulu Hidup Pas-pasan, Kini Sri Mulyani Langganan Jadi Wanita Paling Berpengaruh Dunia

Menurutnya, data tersebut menjadi tantangan serius bagi para pelaku industri yang memiliki komitmen tinggi untuk menjaga nama baik industrinya. Sehingga, dituntut cakap dalam memperkuat mitigasi risiko maupun pengawasan.

" Kemudahan-kemudahan yang ditawarkan teknologi digital harus diikuti dengan pengaturan dan pengawasan yang proper dan appropriate. Namun, tetap melindungi konsumen dan tidak mengerdilkan industri fintech itu sendiri," ujar Bendahara Negara ini menegaskan.

Terlebih, lembaga fintech kini mampu menjadi sumber alternatif pembiayaan bagi pelaku UMKM. Menginga, ketentuan syarat maupun proses pencairan dana yang lebih efisien dan mudah.

Untuk itu, pemerintah bersama regulator terkait terus berupaya melahirkan berbagai kebijakan yang dapat menstimulus kelangsungan ekonomi digital. Dengan begitu, diharapkan dapat memperkuat perekonomian Indonesia pasca pandemi Covid-19.

Sri Mulyani Optimis Pendapatan Nasional Tembus Rp1.916 T Akhir Tahun

" Ini sebagaimana yang di sampaikan bapak presiden (Jokowi) dalam berbagai kesempatan agar menekankan light and touch (sentuhan lembut) dari sisi regulasi," imbuhnya.

(Sumber: Merdeka.com)

ATAU
Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
Menkeu Sri Mulyani Tak Kaget Inggris dan Jepang Masuk Resesi

Menkeu Sri Mulyani Tak Kaget Inggris dan Jepang Masuk Resesi

Kondisi tersebut diakui Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati.

Baca Selengkapnya
Sri Mulyani Ungkap Kondisi Ekonomi Indonesia Tahun 2024 ke Depannya

Sri Mulyani Ungkap Kondisi Ekonomi Indonesia Tahun 2024 ke Depannya

Stabilitas sistem keuangan Indonesia pada triwulan IV tahun 2023 tetap terjaga

Baca Selengkapnya
Kemnaker: Karyawan Masuk Kerja Saat Pencoblosan Berhak dapat Uang Lembur

Kemnaker: Karyawan Masuk Kerja Saat Pencoblosan Berhak dapat Uang Lembur

Hal ini tertuang dalam Surat Edaran (SE) yang telah diterbitkan pada 26 Januari 2024.

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.
NOTED KAK! Tarian penarik Viewers

NOTED KAK! Tarian penarik Viewers

Demi dapat views banyak memang boleh ya `seritual` ini? Sahabat Dream ada yang kaya gini gak?

Baca Selengkapnya