Stabilkan Harga, Mendag Siap Impor 300 Ribu Ekor Sapi

Reporter : Ramdania
Rabu, 19 Agustus 2015 18:16
Stabilkan Harga, Mendag Siap Impor 300 Ribu Ekor Sapi
Mendag akan 'guyur' pasar dengan stok sapi impor agar harga daging kembali stabil.

Dream - Tingginya harga daging sapi di pasar Tanah Air membuat pemerintah harus mengambil langkah cepat agar harga daging kembali stabil. Satu-satunya cara adalah melalui impor sapi.

Menteri Perdagangan (Mendag) Thomas Lembong menyatakan pihaknya siap mengguyur pasar dengan sapi impor bila diperlukan untuk menstabilkan harga.

“ Saya juga setuju bahwa itu pilihan terakhir. Idealnya tertib pasar dulu dan kelakuan baik dulu. Tapi tentunya kami juga memperhatikan laju inflasi tingkat harga pangan,” kata Thomas seperti dikutip dari laman situs Sekretariat Kabinet, Rabu, 19 Agustus 2015.

Mengenai jumlah yang diimpor, menurut Thomas, masih dibicarakan di tingkat teknis. Namun, dia memperkirakan kira-kira 200 ribu – 300 ribu ekor sampai akhir tahun.

“ Tapi tentunya kita harus fleksibel melihat kondisi pasar. Kalau misalnya harga mulai turun dengan sendirinya kita stop impor. Juga misalnya ada cukup banyak ide inovatif dari Pak Mentan, misalnya bisa datangkan sapi dari wilayah lain,” terang Thomas.

Dengan tambahan impor, Thomas memperkirakan dalam waktu sebulan, dua bulan, hingga tiga bulan ini gejolak harga daging sapi di pasar akan reda.

Beri Komentar
4 Januari, Hari Bahagia dan Paling Sedih Rizky Febian