Trik Jualan dengan Cerita Menarik dari Raditya Dika

Reporter : Mutia Nugraheni
Kamis, 16 Maret 2023 12:12
Trik Jualan dengan Cerita Menarik dari Raditya Dika
Pentingnya membangun cerita dalam berjualan. Simak trik dari Raditya Dika.

Dream-  Saat ini perkembangan bisnis terus melaju pesat. Strategi dalam berbisnis pun tidak hanya terfokus seputar permasalahan teknis saja seperti faktor harga, marketing, atau aspek lainnya. Di era sekarang para pelaku bisnis dituntut untuk bisa memenangkan segmen pasar diantara ribuan pesaing bisnis.

Hal ini  yang mendorong GoSend Indonesia memberi wadah bagi para pelaku UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) yang tergabung dalam Komunitas Best Seller Gosend untuk mengikuti acara Ruang Belajar Gosend 2023. Dalam acara ini para UMKM diberi kesempatan memperdalam social seller untuk meningkatkan omset pendapatan terutama menjelang ramadhan.

Salah satu cara efektif untuk meningkatkan pendapatan dalam bisnis yaitu dengan melibatkan konsumen melalui storytelling atau teknik bercerita yang baik. Storytelling dalam bisnis merupakan metode untuk membungkus sebuah informasi dalam bentuk cerita yang relevan dengan masalah yang dihadapi konsumen dan produk yang kita miliki menjadi solusinya.

" Semua orang bisa membeli pulpen dan kertas, tetapi tidak semua orang bisa menulis ide. Sama halnya ketika kita memberi tahu nilai produk yang kita miliki maka harus ada poin yang bisa kita ceritakan untuk membangun emosi dengan pembeli," ujar Raditya Dika selaku penulis dan komika dalam acara Ruang Belajar Gosend 2023 pada Rabu, 15 Maret 2023 di Gojek Auditorium, Jakarta Selatan.

1 dari 5 halaman

Ia juga mengungkapkan bahwa tanpa adanya storrytelling, produk yang kita miliki tidak akan menarik pelanggan untuk dicoba. Inilah poin mengapa storytelling dalam berjualan penting menurut Raditya Dika.

Raditya Dika

Emosi Dalam Cerita Membuat Kita Ingat Atas Sebuah Produk
Saat ini para pelaku usaha dituntut untuk menerapkan budaya customer centric di mana kepuasan pelanggan menjadi aspek utama. Cerita yang menambahkan elemen manusia ke dalam konten strategi pemasaran yang dibuat, akan menghasilkan koneksi antara pelanggan dengan produk menjadi terbangun kuat yang hasilnya bisa mendapat perasaan emosi dan empati dari pelanggan. Rasa emosi ini akan membuat pelanggan peduli dan ingat dari produk yang kita miliki.

 

Memberi Tahu Apa Value Dari Produk Kita
Kelebihan yang paling menonjol dari storytelling yaitu untuk bisa memberi tahu produk yang kita miliki tanpa seperti promosi. Cerita yang relevan akan memungkinkan kita berkomunikasi lebih mengalir sehingga pembeli tidak merasa dipaksa untuk membeli produk yang diceritakan.


Laporan: Hany Puspita Sari

2 dari 5 halaman

Cuan Gojek Tumbuh Double Digit, GoTo Bikin 3 Strategi Layanan buat Pelanggan di 2023

Dream - Gojek, unit bisnis ride hailing on-demand service dari PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (Grup GoTo) melaporkan kinerja positif hingga kuartal III/2022. Cikal bakal bisnis GoTo ini bahkan melaporkan pertumbuhan double digit di berbagai bisnis yang digelutinya. 

Presiden Unit Bisnis On-Demand Service GoTo, Catherine Hindra Sutjahyo dalam diskusi media Gojek Outlook 2023, di Jakarta, Selasa, 28 Februari 2023 melaporkan  pendapatan bruto dari bisnis Gojek di kuartal ketiga tahun 2022 tumbuh 31 persen secara year-on-year.

“ Inovasi yang tepat sasaran dan tetap relevan menjawab kebutuhan pengguna ekosistem membawa bisnis on-demand services (Gojek) mencetak kontribusi margin positif," ujar Catherine.  

Menurut Catherine, perubahan perilaku konsumen memasuki masa paska-pandemi pada 2022 menjadi tantangan tersendiri bagi layanan on-demand. Namun perubahan itu menjadi kesempatan bagi Gojek untuk terus berinovasi.

Selain pendapatan bruto yang tumbuh double digit, Gojek juga melaporkan pertumbuhan positif dari bisnis GoFood yang melayani jasa pengantaran makanan. Nilai Transaksi GoFood dilaporkan tumbuh lebih dari 2 kali lipat.

Pertumbuhan ini tal lepas dari jumlah pelanggan GoFood yang meningkat dari 38 persen menjadi 52 persen. Sementara mitra usaha kuliner GoFood di Indonesia tumbuh 45 persen.

Nilai transaksi untuk layanan perjalanan bisnis untuk perusahaan lewat lewat GoCorp juga dilaporkan meningkat hingga 55 kali lipat.

Sedang mitra online seller di Komunitas GoSend Best Seller tumbuh 4 kali lipat sejak diluncurkan pertama kali pada Maret 2022 dengan total sekitar 17 ribu anggota.

3 dari 5 halaman

Dalam diskusi media bertajuk Gojek Outlook 2023, Catherine juga mengungkapkan tiga strategi perusahaan yang akan berfokus pada inovasi teknologi, pengembangan variasi produk, dan dukungan bagi mitra untuk dampak jangka panjang.

Di bidang inovasi teknologi, Gojek akan terus mengoptimalisasi teknologi agar lebih tepat sasaran sesuai kebutuhan dan preferensi pelanggan. Rencana yang disiapakan seperti teknologi machine learning untuk rekomendasi makanan dan strategi promo tepat sasaran di GoFood.

Bernaung di Grup GoTo, Gojek juga memperluas akses untuk memesan GoFood  di Tokopedia dan web ordering. Adapula fitur Jadwalin GoFood, GoSend, GoPay Coins.

Tak hanya itu, Catherine membocorkan akan ada layanan transportasi Gojek yang dilengkapi dengan fitur opsi Alokasi Prioritas bagi pelanggan.

4 dari 5 halaman

Catherine juga mengungkapkan perusahaan akan melakukan strategi variasi produk agar bisa mengakomodiasi dan menyasar kebutuhan masyarakat di berbagai segmen. Guna merambah segmen pelanggan baru, dalam sektor GoFood, Gojek menghadirkan fitur Mode Hemat yang memberikan opsi gratis maupun diskon ongkir bagi pelanggan.

Dari sisi layanan transportasi, Gojek melakukan ekspansi GoTransit di Commuterline untuk mempermudah mobilitas multi-moda, yang kini merambah Jogja-Solo dan Bus Transjakarta. Adapula fitur GoCar Luxe dan GoRide XL.

Gojek juga meningkatkan layanan logistik dengan meluncurkan GoSend Car untuk pengiriman barang besar hingga kargo untuk ukuran maksimal 100 kg. Fitur ini diyakini sangat berguna bagi mitra GoFood yang mempunyasi pesanan dengan jumlah besar.

 

5 dari 5 halaman

Srategi terakhir yang disiapkan Gojek adalah dukungan bagi mitra untuk dampak jangka panjang seperti beragam inisiatif pelatihan, program dukungan dan pengembangan komunitas. Untuk mitra driver, Gojek memperluas manfaat melalui Gojek Swadaya, Bengkel Belajar Mitra, serta Tips Pintar di aplikasi GoPartner.

Sedangkan untuk mitra usaha kuliner, Gojek menambah modul pembelajaran baru di Komunitas Partner GoFood (KOMPAG). Di sisi lain, untuk online seller, Gojek mendorong komunitas Best Seller GoSend.

“ Kami percaya bahwa ketiga strategi tersebut dapat mendorong pertumbuhan jangka panjang yang berkelanjutan, sejalan dengan strategi GoTo untuk pengembangan produk dan layanan berbasis ekosistem terintegrasi (ecosystem product growth),” jelas Catherine.

Beri Komentar