Tahun Depan, BPKH Fokus Pindahkan Triliunan Dana Haji

Reporter : Maulana Kautsar
Jumat, 22 Desember 2017 10:43
Tahun Depan, BPKH Fokus Pindahkan Triliunan Dana Haji
Pemindahan dana haji merupakan salah satu program kerja BPKH.

Dream - Plt Kepala Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH), Anggito Abimanyu, mengatakan lembaganya tahun depan akan fokus pada pemindahan dana haji dari Kementerian Agama. Hal itu dijalankan sesuai amanah Undang-undang Nomor 34 Tahun 2014 tentang Pengelolaan Keuangan Haji.

" Kami sebagai lembaga baru akan berangsur memulai program, salah satunya memindahkan dana haji yang ada di Kementerian Agama," kata Anggito di Hotel Grand Sahid, Jakarta Pusat, Kamis, 21 Desember 2017.

Anggito mengatakan setelah dipindahkan, dana haji akan dikelola optimal serta diinvestasikan secara aman. Nantinya, nilai manfaat yang dihasilkan dari pengelolaan dana tersebut dikembalikan kepada jemaah.

Dana haji, kata Anggito, akan ditempatkan di sejumlah produk investasi berisiko rendah. Dengan begitu, dana itu akan tetap aman, termasuk nilai setoran jemaah haji.

Anggito mengatakan dana setoran calon jemaah haji akan diinvestasikan ke Surat Berharga Syariah Negara (SBSN) atau Sukuk Negara, emas, investasi langsung dan investasi lainnya.

Dalam Renstra BPKH, pada 2018 sebanyak 50 persen dana haji akan diinvestasikan ke Bank Unit Syariah dan Usaha Unit Syariah. Sementara itu, sebanyak 20 persen akan diinvestasikan pada Sukuk, 15 persen dana haji akan masuk ke investasi langsung dan 10 persen ke investasi lainnya, serta 5 persen untuk investasi emas.

Skema ini berbeda dengan investasi yang dipakai pada 2017. Pada 2017, hanya dua instrumen investasi yang dimanfaatkan yaitu Bank Unit Syariah dan Usaha Unit Syariah sebanyak 65 persen dan 35 persen pada Sukuk.

(Sah)

 

Beri Komentar
Tutorial Ikuti Audisi LIDA 2020 Indosiar di KapanLagi Lewat Handphone