Kenapa Gaji Karyawan Pria dan Wanita Berbeda, Ini Sebabnya

Reporter : Arie Dwi Budiawati
Sabtu, 6 Mei 2017 10:03
Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat pendapatan yang diterima pekerja pria dan wanita berbeda Rp680 ribu.

Dream – Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat rata-rata pendapatan pekerja di Indonesia sebesar Rp2,7 juta per bulan. Tetapi, masih ada perbedaan penghasilan yang diterima antara karyawan pria dan wanita

Data BPS menyebutkan pekerja pria mengantongi pendapatan rata-rata sebesar Rp2,95 juta per bulan. Sebaliknya, pekerja wanita mendapatkan penghasilan rata-rata sebesar Rp2,27 juta per bulan.

" Terjadi kesenjangan upah sekitar Rp680 ribu antara buruh/karyawan pria dan wanita," demikian keterangan BPS, ditulis pada Sabtu, 6 Mei 2017.

Kesenjangan ini terjadi akibat perbedaan tingkat pendidikan, keterampilan, pengalaman kerja, dan jabatan dalam pekerjaan utama.

Pendapatan tertinggi yang diperoleh karyawan pria ada di sektor pertambangan dengan rata-rata upah Rp4,51 juta per bulan. Sedangkan pendapatan tertinggi wanita ada di sektor listrik, gas, dan air dengan rata-rata upah Rp4,73 juta per bulan.

Sementara pendapatan terkecil berada di sektor yang sama yaitu pertanian. Karyawan pria rata-rata mendapat upah Rp1,93 juta per bulan dan wanita sebesar Rp1,14 juta per bulan. (ism) 

Beri Komentar
#MovieTalk Liam & Laila - Nirina Zubir & Kampung Halaman